by

Inilah 11 Manfaat Air Tebu bagi Kesehatan dan Kecantikan

KOPI, Cirebon – Tebu adalah tanaman perdu yang menghasilkan gula. Tanaman ini berasal dari wilayah tropis dan subtropis dan sering ditanam untuk tujuan komersial. Bagian yang dimanfaatkan dari tebu adalah batangnya, yang mengandung gula dan digunakan untuk membuat gula putih, gula merah, dan minuman beralkohol seperti rum.

Selain dibuat gula pasir, Tebu yang sudah masak dapat dikonsumsi secara langsung dengan mengupas kulit kerasnya. Namun, saat memakan batang tebu, hanya airnya yang diambil dan bagian sepahnya dibuang.

Rasa manis pada tebu menunjukkan bahwa kandungan glukosa yang terdapat di dalamnya sangat tinggi. Hal ini menjadikan air tebu sebagai sumber energi yang baik bagi tubuh. Meskipun demikian, tebu juga mengandung nutrisi penting lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan.

Selain glukosa, tebu juga mengandung karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, zat besi, kalsium, kalium, fosfor, dan zinc. Tingkat konsentrasi glukosa atau gula alami dalam air tebu mencapai 15 persen, hal ini yang dilansir dari jamdapet.com.

11 Manfaat Air Tebu Murni bagi Kesehatan dan Kecantikan

Rasa manis dan menyegarkan pada air tebu membuat minuman ini cocok untuk dikonsumsi dengan ditambah es batu atau diminum dingin. Berikut adalah segudang manfaat air tebu murni untuk kesehatan dan kecantikan yang diambil dari berbagai sumber.

  1. Sumber Energi untuk Tubuh

Rasa manis pada air tebu mengandung sukrosa atau gula sederhana yang mudah diterima oleh tubuh. Glukosa alami yang terkandung dalam air tebu lebih baik bagi tubuh dibandingkan dengan gula yang telah diproses. Minum air tebu dapat membantu meningkatkan energi dan semangat.

  1. Mencegah dan Menangani Kanker

Manfaat air tebu bagi kesehatan yang cukup signifikan adalah sebagai upaya pencegahan dan pengatasan kanker, khususnya kanker prostat dan kanker payudara. Hasil penelitian menemukan bahwa kandungan flavonoid dalam tebu mampu membatasi pertumbuhan sel kanker.

  1. Mampu Melindungi Fungsi Hati

Konsumsi air tebu secara teratur juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit kuning (jaundice). Untuk hasil yang lebih efektif, disarankan untuk minum air tebu yang dicampur dengan air perasan jeruk nipis untuk memperbaiki kesehatan hati.

  1. Baik untuk Penderita Penyakit Diabetes

Walaupun memiliki rasa manis, namun kandungan sukrosa air tebu memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga memberikan manfaat bagi penderita diabetes. Namun, demi keamanan, disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum penderita diabetes mengonsumsi air tebu.

  1. Menguatkan Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium dan fosfor yang terdapat dalam air tebu memiliki manfaat untuk meningkatkan kekuatan tulang dan gigi. Konsumsi air tebu secara rutin dapat membantu mencegah pengeroposan tulang dan meminimalisir kerusakan gigi.

  1. Menguatkan Jaringan Otot

Minum air tebu juga memiliki manfaat bagi pria terutama bagi mereka yang ingin membentuk otot. Glukosa alami yang terkandung dalam air tebu sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperkuat otot.

  1. Membantu Detoksifikasi Pada Tubuh

Menetralkan dan membuang racun dari tubuh dapat dilakukan dengan meminum air tebu secara berkala. Melalui proses ini, metabolisme akan berjalan dengan lebih lancar dan membantu menjaga kesehatan tubuh.

  1. Mengatasi Infeksi Pada Saluran Kemih

Manfaat air tebu untuk kesehatan ginjal juga sangat bermanfaat, terutama dalam mengatasi masalah seperti batu ginjal, prostatitis, dan infeksi saluran kemih. Minum jus tebu yang dicampur dengan air kelapa dan lemon efektif dalam memelihara kesehatan ginjal.

  1. Dapat Menyuburkan Rambut

Air tebu yang kaya mineral memberikan manfaat untuk memperkuat dan menyuburkan rambut, sekaligus mengatasi masalah kerontokan rambut. Dapat dicoba dengan menggunakan air tebu sebagai bahan untuk keramas, sehingga rambut menjadi lebih lembut dan sehat.

  1. Mengatasi Jerawat Batu

Konsumsi air tebu secara teratur juga bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Kandungan alpha hydroxy acids (AHAs) seperti asam glikolat memiliki efek mengusir jerawat dan membuat kulit lebih halus. Gunakan masker wajah dari jus tebu untuk memperoleh manfaat tersebut.

  1. Bersifat Anti Penuaan Dini

Kandungan senyawa fenolik, flavonoid, dan antioksidan yang terdapat dalam air tebu memiliki manfaat untuk perawatan kulit wajah. Anda dapat menggunakan air tebu sebagai pembersih wajah atau masker wajah untuk memperoleh kulit yang halus dan cerah.

Beberapa manfaat yang dapat didapatkan dari air tebu yang kaya akan glukosa alami dan mineral penting meliputi peningkatan kebugaran dan imunitas tubuh. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk meminum air tebu secara rutin.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA