by

Pendaftaran UMPTKIN 2021, Berikut Jadwal dan Cara Daftarnya

KOPI, KediriUM-PTKIN adalah jalur seleksi yang dilaksanakan serentak oleh seluruh IAIN, STAIN, UIN. Singkatan dari UMPTKIN sendiri adalah Ujian Masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri. Menteri Agama RI menetapkan waktu yang diselenggarakan secara serentak.

Tips untuk lolos UMPTKIN yaitu belajar Latihan soal UMPTKIN dan memahami pembahasan yang ada. Selain itu, menjawab soal yang mudah terlebih dahulu juga akan mempersingkat waktu pengerjaan karena durasi terbatas. Dengan adanya pandemi Covid-19, sistem UMPTKIN 2021 untuk datang ke tempat ujian (Ujian secara lagsung) masih dipertimbangkan. Hingga saat ini sistem ujian UMPTKIN belum diumumkan apakah ujian secara langsung atau ujian secara online dirumah.

Jadwal Pendaftaran UMPTKIN 2021

  • Pendaftaran dan Pembayaran: 1 April- 30 April 2021, 16.00 WIB.
  • Finalis Pendaftaran: 1 April-6 Mei 2021, 24.00 WIB.
  • Pelaksanaan Ujian SSE UMPTKIN: 24 Mei- 2 Juni 2021.
  • Pengumuman UMPTKIN: 17 Juni 2021.

Syarat Pendaftaran UMPTKIN 2021

1. Lulus pada tahun 2019, 2020 dan 2021 dari MAK/MA/SMK/SMA/Pesantren Muadalah atau setara dan memiliki izin Kemenag RI.

2. Lulusan tahun 2019 dan 2020 wajib memiliki ijazah. Sedangkan lulusan tahun 2021 menggunakan SKL (Surat Keterangan Lulus) yang dilengkapi pas foto terbaru serta stempel sekolah.

3. Peserta tidak mempunyai gangguan Kesehatan yang mengganggu saat proses pembelajaran.

Cara Pendaftaran UMPTKIN

1. Peserta pendaftaran mengisi biodata secara online melalui website http://um-ptkin.ac.id. Selanjutnya akan mendapatkan nomor SIP (Slip Instruksi Pembayaran) dan PIN. Download file tersebut dan file ini tidak wajib di print, tetapi disarankan di print, agar jika file hilang masih ada cadangan.

2. Peserta pendaftaran melakukan pembayaran di seluruh cabang BNI dengan melampirkan nomor SIP dan PIN yang sudah anda download. Tahun 2020 biaya pendaftaran UMPTKIN Rp 200.000 kemungkinan pada tahun ini akan sama.

3. Selanjutnya login di website um-ptkin.ac.id untuk upload foto, scan (Kartu Peserta, Ijazah dan Raport), memilih prodi UMPTKIN dan tempat ujian.

4. Selanjutnya muncul kartu UMPTKIN. Download file tersebut pdf dan cetak kartu di kertas A4.

5. Mengikuti ujian dilokasi yang anda pilih sesuai tanggal, hari dan sesi yang tertera pada kartu peserta tersebut.6. Peserta tidak dapat memindahkan tanggal, hari, dan sesi ujian dengan alesan apapun.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA