by

Bahas Kerja Sama Bilateral, Kepala Bakamla RI Terima Kunjungan U.S. Naval Attache

KOPI, Jakarta — Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., beserta jajaran, menerima kunjungan kehormatan dari U.S. Naval Attache Indonesia Commander Patrick Panjeti dan Marine Attache Major Mickey Ding, di Aula Ary Hasibuan, Mabes Bakamla RI, Kamis (11/1/2024).

Kunjungan ini dalam rangka memperkenalkan perwakilan Amerika Serikat (AS) kepada Kepala Bakamla RI yang baru dilantik, serta membahas kemungkinan kerja sama yang dapat dilakukan antara Bakamla RI dan Pemerintah AS. Kerja sama yang ditawarkan oleh Pemerintah AS yakni, penawaran pelatihan United States Coast Guard (USCG) Academy yang akan dibahas lebih lanjut.

Tak hanya itu, kedua belah pihak turut menyinggung mengenai kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu dekat. Pada Februari mendatang, Pemerintah AS berencana mengundang Bakamla RI untuk melakukan kunjungan, dalam rangka pertemuan bilateral dengan instansi terkait Maritime Law Enforcement Agency. Pada kesempatan itu, Kepala Bakamla RI akan berkunjung ke Mabes dan Academy USCG.

Lebih lanjut, Kepala Bakamla RI juga akan melakukan Serah Terima Maritime Training Center (MTC) dengan Pemerintah Amerika yang akan dilaksanakan di Batam pada Senin (29/1) mendatang. Hal ini mengacu pada telah disepakatinya dokumen Letter on Grant (LoG) terkait MTC dan Indonesia Maritime Information Centre (IMIC).

Di akhir pertemuan, U.S. Naval Attache Indonesia menyampaikan harapannya agar Bakamla RI dapat berkembang dan bertumbuh menjadi instansi keamanan dan keselamatan laut yang semakin kuat, dengan menggabungkan seluruh komponen maritim di Indonesia.

(Autentikasi : Pranata Humas Ahli Muda Bakamla RI Kapten Yuhanes Antara, S.Pd.)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA