by

Kibarkan Bendera Alam Peudeung, Pewaris Diradja Atjeh Darussalam Imbau Persatuan Ummat

KOPI, Banda Aceh – Pewaris Diradja Keradjaan Atjeh Darussalam imbau agar ummat Islam bersatu dalam menghadapi segala ancaman perpecahan baik dari dalam maupun luar negeri. Hal ini disampaikan Tuanku Muhammad ZN (I) Al Haj pada acara pembacaan Maklumat 1 Muharam 1445 H di Istana Darul Ihsan, Banda Aceh, Selasa (18/7/23).

Selain itu, beliau juga menambahkan dalam maklumatnya, “Peringatan 1 Muharam merupakan pelajaran berhijrah yang diberikan Rasullullah Muhammad Saw. Beliau hijrah bukan hanya berpindah tempat dari Mekkah ke Madinah, tetapi juga sebagai tempat memulai nya peradaban ummat manusia di Madinah. Demikian juga kita sebagai insan, agar selalu berhijrah ketempat atau suasana yang lebih mashlahat daripada sebelumnya.”

Sementara iti, di tempat terpisah juru bicara Majelis Istiadat Waris Diradja Keradjaan Atjeh Darussalam, Dato’ Sri Panglima Prof. Dr. Muhammad Siddiq Armia, MH., Ph.D, menyampaikan, “Acara pembacaan Maklumat 1 Muharam 1445 H merupakan acara tahunan yang kita selenggarakan untuk memaknai esensi hijrah bagi ummat Islam agar selalu melakukan hijrah hakiki dalam kehidupan maupun untuk kepentingan ummat,” pungkas peraih gelar Profesor.

Acara pembacaan Maklumat Diradja Malikul Adil ini disertai prosesi upacara penaikan Bendera Alam Peudeung, dengan penuh khidmat diiringi pembacaan sholawat kepada baginda Muhammad Saw. Turut hadir dalam acara tersebut para tamu undangan dari komunitas internasional Korea Selatan, Thailand, Laos, dan Malaysia.

Majelis Istiadat DiRadja – Keradjaan Atjeh Darussalam merupakan lembaga penyelenggara istiadat Aceh, terdaftar secara resmi di Kemenkumham RI. Dalam kegiatan hariannya, majelis ini fokus pada pengembangan adat dan dakwah Islamiyah di negara-negara Asia Tenggara.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA