by

Hadirkan Pusling di Lokasi TMMD, Kodim 1712 Sarmi Berikan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Pulau Wakde

KOPI, Sarmi – Kodim 1712/Sarmi memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat melalui Puskesmas Keliling (Pusling) di lokasi TMMD Pulau Wakde Distrik Pantai Timur Bagian Barat, Selasa (18/7/23). Hal tersebut disampaikan Dandim 1712/Sarmi Letkol Inf Emanuel Setyo Kristiawan selaku Dansatgas kegiatan TMMD ke 117 TA 2023.

Kepada awak media ini, ia menyampaikan bahwa akan berusaha agar masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dan benar. Masyarakat Pulau Wakde terkadang tidak bisa mendatangi Puskesmas disebabkan banyak hal yang harus dipersiapkan.

“Mereka mau ke Puskesmas harus menyebrang lautan dan harus menunggu cuaca lautan yang baik dan aman, maka dari itu dengan adanya TMMD ini kami akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait agar masyarakat Pulau Wakde mendapatkan pelayanan kesehatan khusus,” ujar Emanuel.

Adapun team medis yang didatangkan dari Puskesmas Burtin Distrik Pantai Timur Bagian Barat adalah dr Welhemina M Rumansara yang didampingi beberapa petugas medis antara lain:

  1. Lidia Y,A Megue, A.Md.Kep
  2. Barnabas Hukubun, A.Md.Kes
  3. Andarias K, Uduas ,A.Md.Kep
  4. Fredika Yenseda, A.Md.Kep
  5. Irmayanti Waramori, A.Md.Keb
  6. Erna Msen, A.Md.Keb
  7. Yusuf Syerim Bisim, A.Md.Kep
  8. Sertu Sahaka (Bakes Bintara Kesehatan Kodim 1712/Sarmi)

Beberapa kegiatan yang di lakukan team medis yaitu:

  1. Pemeriksaan Malaria
  2. Pos Yandu Lansia
  3. Pos Yandu Anak-anak
  4. Sosialisasi Malaria
  5. Pemeriksaan Ibu Hamil
  6. Pemeriksaan Penyakit Kulit

Dari hasil pemeriksaan terdapat 98 pasien yang menderita penyakit, antara lain: Ispa 40 orang; sakit-sakit badan 27 orang; asam urat 10 orang; diare 4 orang; cacingan 4 orang; paru 3 orang; mencret 4 orang; Ibu hamil 3 orang; dan kusta 3 orang.

Selanjutnya, dr. Welhemina M Rumansara selaku ketua team menyampaikan bahwa kegiatan ini berjalan rutin sebulan sekali, akan tetapi dengan adanya TMMD team medis akan berusaha membantu melalui posko kesehatan TMMD. “Kami akan terlibat dalam kegiatan TMMD untuk memberikan pelayanan kesehatan yang sangat dibutuhkan masyarakat Pulau Wakde seperti obat-obatan dan lain-lain,” Ujarnya di sela-sela kegiatan berlangsung.

Sementara itu, masyarakat Pulau Wakde sangat senang dan berterima kasih kepada Dansatgas TMMD dan juga team medis Puskesmas Burtin yang telah memberikan pelayanan kesehatan langsung ke Pulau Wakde. “Dengan adanya Pusling kita dapat mengetahui langsung penyakit yang kita derita selama ini. Jika ingin ke Puskesmas langsung, kami menghadapi banyak kendala seperti bahan bakar minyak, dan lain-lain. Maka dari itu, kami hanya bisa menunggu kedatangan team medis yang turun langsung ke Pulau,” pungkasnya. (Penerangan Kodim 1712/Sarmi)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA