by

Kunjungi Rumah Warga, Mahasiswa Universitas Bangka Belitung Lakukan Sosialisasi dan Serahkan Bantuan Tempat Sampah “Pasta”

KOPI, Pangkalpinang – Mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) melakukan blusukan ke sejumlah rumah warga di Kelurahan Rawabangun, Kecamatan Taman Sari, Pangkalpinang, Rabu (18/05/2022).

Blusukan dilakukan dalam rangka menyerahkan bantuan Tempat Sampah Tepat Guna (Pasta) serta sosialisasi guna meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap sampah.

“Program bantuan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap sistem pengelolaan sampah tertata,” ungkap Ketua Kelompok, Kevin Alfaridzi.

Kegiatan sosialisasi langsung Pengelolaan Sampah Tertata kepada masyarakat Kelurahan Rawabangun, Pangkalpinang. (Foto: Ika Piyana)

Melalui sosialisasi Pasta, tambah Kevin, diharapkan masyarakat dapat menyadari pentingnya pengelolaan sampah dengan memisahkan sampah sesuai dengan jenisnya.

Sebab itu, lanjutnya, tempat sampah tepat guna berupa ember plastik dibagi dalam tiga jenis berdasarkan warna, yakni hijau, kuning dan merah.

“Tempat sampah warna hijau untuk sampah organik, dan warna kuning untuk sampah non-organik, sedangkan warna merah khusus sampah B3 (Bahan Beracun Berbahaya-red),” jelasnya.

Dipaparkan Kevin, kegiatan sambang warga dan pembagian bantuan tempat sampah yang dilakukan Kelompok I Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UBB ini guna memenuhi mata kuliah Dinamika Pembangunan Berkelanjutan.

Sejumlah mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan itu diantaranya Dina Sayyidina Rani, Kevin Alfaridzi, M Fijar Ramadhani, Widya Loka, Aulia Putri Rayani, dan Darmawansyah. Terpantau pelaksanaan kegiatan mendapat sambutan hangat dari masyarakat Rawabangun. (Dina SR)