by

Zam Zam Khalila Mahasiswa UIN Ar-Raniry Menjadi Peserta Terbaik pada Diklatpimnas III 2022 di Surabaya

KOPI, Surabaya – Zam Zam Khalila merupakan mahasiswi semester 5 Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FISIP), Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh. Gadis kelahiran Aceh Tamiang 16 Juni 2003 ini berhasil meraih penghargaan sebagai Peserta Terbaik pada Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat Nasional (Diklatpimnas) yang diadakan pada 05-07 Desember 2022 di Hotel GreenSA Surabaya.

Diklatpimnas III 2022 ini merupakan agenda tahunan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) dan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI).

Kegiatan ini diikuti oleh 73 aktivis organisasi mahasiswa (ormawa) dari berbagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) se-Indonesia dengan mengusung tema “Lead, Serve and Innovate: Islamic Higher Education Development Goals for Emmeeging Leader”. Adapun tahapan untuk mengikuti kegiatan ini ada dua tahap yaitu seleksi di Universitas dan dari Diktis.

“Nah untuk proses seleksinya ada beberapa tahap, yang pertama seleksi di Universitas dengan beberapa kriteria tertentu. Salah satunya adalah Pengurus Aktif Dewan Eksekutif Mahasiswa Universitas (DEMA U), Senat Mahasiswa Universitas, Unit Kegiatan Khusus (UKK) atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), telah mengikuti Diklatpimlan/sejenisnya, membuat satu artikel berdasarkan sub tema yang telah ditentukan dan lainnya. Kemudian dari 3 nama yang dikirim oleh Universitas diseleksi kembali hingga terpilihlah 1 orang perwakilan delegasi dari masing-masing universitasnya,” tutur Khalila, Rabu (07/12/2022)

Berdasarkan Surat Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia Nomor: B-1106.2/DJ.I/Dt.I.III/HM.01/11/2022 Perihal Penetapan Peserta Terpilih Diklatpimnas III Tahun 2022, maka Zam Zam Khalila resmi menjadi Delagasi UIN Ar-Raniry dalam kegiatan Diklat Pimnas 2022 ini. Khalila pun lagi dan lagi berhasil mengharumkan nama UIN Ar-Raniry di kancah nasional.

Khalila mengungkapkan rasa syukurnya karena berkesempatan mengikuti kegiatan bergengsi ini.
“Pastinya sangat bersyukur dapat berkumpul dan belajar bersama aktivis-aktivis hebat dari seluruh Indonesia. Dan alhamdulillah ‘ala kulli hal, saya mendapat penghargaan sebagai peserta terbaik dalam kegiatan Diklatpimnas 2022 ini. This spesial award for UIN Ar-Raniry khususnya Dewan Eksekutif Mahasiswa UIN Ar-Raniry.

“Harapannya semoga ilmu yang didapatkan dari Diklatpimnas ini dapat diimplementasikan dengan baik, bermanfaat bagi organisasi khususnya dan dapat menjadikan saya pribadi yang lebih baik lagi ke depannya,” pungkasnya. (Alja)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA