by

Cara Membuat Website Gratis untuk Pemula

KOPI, Jakarta – Sebenarnya cara membuat website gratis cukup sederhana. Beberapa orang mungkin hanya mengetahui wordpress dan blogspot saja. Padahal, penyedia website banyak sekali.

Tentunya dari berbagai situs berita gratis ini, Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan website yang ingin Anda gunakan. Anda bisa mempertimbangkannya melalui tulisan ini. Berikut daftar buat website gratis dari google, cocok untuk pemula:

WordPress

Website ini merupakan favorit dari semua orang. Hal ini bukan tanpa alasan, karena wordpress punya banyak fitur yang support dengan keterbacaan di mesin google. Menurut data, ada sekitar 34,5 persen website di dunia atau 60 juta website memakai WordPress.

Cara membuat website gratis dengan wordpress cukup mudah, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut di bawah ini:

· Membuat Website

Kunjungi WordPress.com, klik start your website, isi identitas Anda dengan e-mail, dan nama pengguna Anda serta kata sandi. Kemudian, klik create your account, nama domain atau alamat website yang Anda inginkan. Pilih start with a free site dan website Anda sudah jadi.

Adapun jika Anda ingin mengatur judul dan deskripsi website, Anda bisa masuk ke menu setting. Untuk kolom site title, isi dengan judul website sesuai yang Anda inginkan. Kolom tagline, bisa Anda isi dengan slogan atau deskripsi websitemu.

· Mengatur Hosting dan Domain yang Gratis

Penggunaan domain yang gratis akan berbasis WordPress.com. Misal Anda ingin mempunyai website atas nama jualanku, maka website Anda akan tertulis www.jualanku.wordpress.com.

Akan tetapi untuk jangka panjang, memiliki domain website di WordPress.com tidak menguntungkan. Hal ini karena banyaknya fitur yang terbatas seperti kustomisasi dan pilihan tema sangat terbatas, ada iklan yang tak bisa hilang, plugin dan SEO tools juga tidak tersedia dan lain sebagainya.

Untuk membebaskan fitur di atas biayanya cukup mahal, berkisar antara $8 sampai $45 per bulan dengan sistem pembayaran tiap tahun.

Namun, jangan galau. Sebagai gantinya, Anda bisa memakai WordPress.org karena sifatnya open source, bebas digunakan, bisa untuk modifikasi, dan gratis. Selain itu, ada segudang pilihan untuk tema dan plugin yang bisa di-install.

Akan tetapi, agar bisa mendapatkan fitur lengkap WordPress.org, Anda perlu mengeluarkan sedikit untuk membayar hosting dan domain yang harganya masih terjangkau, tak sebesar wordpress.com.

· Install WordPress

Setelah Anda membayar hosting, maka Anda akan memiliki akses Content Management System (CMS). Namun, sebelum itu Anda harus install CMS dari wordpressnya.

· Install Tema

Ada berbagai cara untuk install tema. Cara pertama Anda menuju bagian bawah halaman lewat Softaculous. Di situ, terdapat pilihan tema yang bisa di-install. Anda bisa pilih tema di sana dengan yang cepat dan mudah.

Cara kedua, Anda bisa install tema melalui Dashboard WordPress secara langsung. Anda bisa menuju ke Dashboard > Appearance > Themes > Add New yang ada di pohok atas halaman dan pilih tema sesuai kebutuhan. Langsung klik tombol install pada tema yang Anda sukai.

Tunggu sebentar hingga tema ter-install dengan sempurna. Kemudian, Anda bisa pratinjau dahulu tema tersebut dengan klik tombol Live Preview. Saat sudah yakin, Anda bisa aktifkan tema tesebut ke web dengan tombol Activate. Kini, tema pilihan Anda ter-install dengan baik.

· Memasang Plugin Sesuai Kebutuhan

Plugin merupakan alat untuk menambahkan fitur tertentu pada suatu website. Anda bisa menyesuaikan plugin dengan kebutuhan website Anda.

Blogger

Website gratis google ini sangat cocok untuk blog pribadi. Seluruh fitur dan data basenya gratis. Sebagai informasi, platform ini telah ada sejak tahun 2003 yang mana Google sendiri yang mengembangkannya melalui Pyra Labs. Domain utama blogger adalah blogspot.com.

Karena terintegrasi langsung dengan Google, maka jaminan keamanannya kuat sekali. Pemakaian blogger cukup mudah. Navigasi yang tersedia tak membingungkan pengguna khususnya pemula.

Adapun langkah-langkah cara membuat website gratis di blogger sebagaimana berikut:

  • Masuk ke blogger.com.
  • Login ke akun Google (akun g-mail).
  • Isi judul blog sesuai yang Anda inginkan.
  • Isi alamat blog atau url blog Anda tanpa menggunakan spasi sama sekali.
  • Selamat, blog Anda telah selesai.
Wix

Website ini dengan tampilan yang sangat simple. Terhitung hingga 2019, website gratis google ini telah memiliki lebih dari 125 juta pengguna di seluruh dunia.

Ratusan template profesional tersedia di sini. Selain itu, Wix.com juga menyediakan beberapa aplikasi tambahan yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan website sesuai dengan kebutuhan, seperti media online atau jualan online.

Berikut langkah-langkah cara membuat website gratis di Wix.com:

  • Pergi ke Wix.com dan tekan tombol get started.
  • Registrasi dan isi semua datanya, lalu klik sign up
  • Pilih tema sesuai yang Anda inginkan dan atur desain website, masukkan logo atau gambar, dan lain sebagainya.
  • Masukkan nama website Anda dengan minimal 4 karakter ya. Adapun alamat depannya otomatis mengikuti e-mail yang Anda gunakan untuk mendaftar.
Penzu.com

Website ini terkenal dengan berbagi jurnal dan tingkat keamanannya yang tinggi. Pasalnya, situs ini menjaga keamanan jurnal dengan proteksi password berlipat dan enkripsi yang sangat kuat.

Ada tiga jenis tema blog yang ditawarkan: Ekspresif Jurnal (jurnal pribadi), Travel Journal (jurnal jalan-jalan) dan Daily Diary (untuk publik). Cara membuat website gratis ini cukup mudah, yakni:

  • Buka halaman website penzu.com, lalu klik tombol sign up untuk mendaftar akun, dan isi kolom yang tersedia lalu pilih create account.
  • Akan ada tampilan pilihan tema untuk cover jurnal. Pilih sesuai yang Anda mau.
  • Selanjutnya Anda bisa mengatur jenis huruf, warna latar dan lain sebagainya yang ada pada website Anda.
  • Anda akan mendapatkan penawaran untuk melakukan pengunduhan aplikasi Penzu lewat verifikasi kode nomor yang telah dikirim ke nomor ponsel Anda dan website pun siap.

Nah, itulah langkah-langkah cara membuat website gratis untuk pemula. Anda bisa memulainya dari awal dan kemudian konsisten seperti web media.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA