by

Pentingnya Memperhatikan Ruang Anak

KOPI, Jakarta – Setiap orang tua patut memperhatikan ruang bagi anak-anak mereka. Terutama bagi anak usia 2-5 tahun dimana anak-anak sedang mengalami masa perkembangan yang luas. Pada usia ini, anak sangat ingin mengeksplorasi banyak hal. Sehingga kita harus memperhatikan apa yang ada di sekitar mereka agar tidak membahayakan bagi anak.

Ruang anak sendiri terdapat beberapa macam, ada kamar anak dan ruang bermain. Namun, tak jarang ruang bermain dan kamar menjadi satu ruang. Berikut ini merupakan beberapa hal yang harus kita perhatikan agar anak tetap dapat bereksplorasi tanpa membahayakan dirinya.

Gunakan Safety Plug

Kita tidak tahu bagaimana anak bereksplorasi di ruangnya. Tak jarang, karena keingintauannya anak memasukan tangannya kedalam stop kontak sehingga membahayakan dirinya. Maka dari itu, penting bagi kita untuk memasang safety plug pada stop kontak di ruang anak saat tidak menggunakan.

Furniture yang Ramah Anak

Furniture pada kamar anak atau ruang anak juga perlu kita perhatikan. Sebaiknya furniture tersebut tidak memiliki sudut-sudut tajam agar mengurangi cidera saat anat tak sengaja terbentur furniture. Selain itu, furniture anak sebaiknya tidak terlalu tinggi agar anak mudah menjangkau dan berinteraksi dengan furniture tersebut.

Kidproof Paint

Mencoret-coret tembok merupakan bagian dari eksplorasi anak. Hal ini merupakan bagian dari kreatifitas anak untuk mengekspresikan diri. Gunakan cat tembok dengan varian kidproof agar kita dapat dengan mudah membersihkan coretan anak.

Pencahayaan Kamar Anak

Di malam hari, kamar yang terlalu gelap tidak baik bagi anak karena akan membuat ia merasa takut dan cemas. Maka dari itu saat beraktifitas di malam hari, sebaiknya pencahayaan kamar anak memiliki kondisi yang terang. Sedangakan saat istirahat, kamar yang terlalu terang akan mengganggu kualitas tidur anak. Kita dapat mengakali dengan memberikan lampu tidur yang redup atau dengan dekorasi glow in the dark agar tidak terlalu gelap saat anak beristirahat.

Pemilihan Warna dinding

Pemilihan warna dinding dapat berpengaruh terhadap suasana hati anak dan memberi efek menenangkan. Maka dari itu sebaiknya kita bijak dalam memilih warna dinding untuk si kecil. Misalnya warna seperti abu-abu dan cream dapat memberikan nuansa tenang untuk si kecil beristirahat. Dengan demikian anak dapat merasakan merasakan ketenangan saat beristirahat.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA