by

Tips Dapur Minimalis Aman dan Nyaman untuk Anak

KOPI, Jakarta – Dapur minimalis yang aman dan nyaman untuk anak memang hal yang sedikit sulit diterapkan. Hal ini karena dapur merupakan tempat bekerja orang dewasa dan terdapat banyak benda-benda tajam yang dapat melukai si kecil.

Akibatnya tentu saja bisa membahayakan si kecil. Tetapi, bukan berarti si kecil tidak diperbolehkan untuk masuk ke ruangan dapur sama sekali lho bunda… Banyak hal yang bisa diterapkan untuk membuat dapur yang aman. Yuk simak tips nya!

Ruang Terbuka dan Luas

Dapur yang terbuka memiliki keuntungan tersendiri lho.. Suasana dapur bisa lebih sejuk, lega dan bisa memberikan kesan terbuka pada dapur bunda. Tentu saja akan membuat suasana hati menjadi nyaman. Selain itu, kesan terbuka bisa dimanfaatkan dengan cara memberikan rak gantung pada sudut – sudut tembok dapur bunda agar peralatan tidak banyak bertumpuk lantai. 

Selain itu, bunda bisa meletakkan peralatan sesuai dengan kategorinya. Hal itu tentu saja bisa membuat dapur bunda terlihat lebih luas dan pastinya bunda memiliki banyak ruang bebas untuk anak bermain

Perlu Pengaman Kompor

Kompor merupakan benda yang paling berbahaya di dapur. Cara yang paling sederhana untuk menjauhkan anak dari kompor yaitu membuat meja kompor lebih tinggi sehingga anak tidak bisa menjangkau. Selain itu, bunda bisa melepas pasang bagian knop kompor. Tetapi, beberapa orang mungkin tidak suka dengan ide ini karena merepotkan 

Menjaga Kebersihan Dapur

Menjaga kebersihan dapur adalah hal yang paling utama karena dapur merupakan tempat membuat atau mengolah bahan masakan. Selain itu, bunda harus menjaga kebersihan dapur bila bunda mempunyai anak kecil. Banyak kemungkinan anak akan memasukan segala hal yang kotor ke dalam mulutnya. 

Menggunakan Fitur Ramah Anak

Salah satu sifat anak yang bunda harus ingat adalah keinginantuan-nya yang tinggi. Hal ini tentu saja berlaku bagi anak yang bermain di dapur. Anak kecil sering sekali ingin beraktivitas bersama keluarganya dan ingin ikut merasakan sibuknya orang – orang di dapur. Mulai dari mencuci piring, mencuci buah dan sayur bahkan ingin membantu bunda memegang spatula. 

Ada beberapa fitur yang dapat bermanfaat misalnya, tangga kecil untuk anak yang ingin membantu ibunya mencuci piring. Tentu saja bunda harus memberikan tangga kecil yang tidak licin agar anak aman dan tidak menyebabkan kecelakaan. 

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA