by

Serba-serbi Cermin Hias

KOPI, Jakarta – Cermin hias merupakan salah satu hiasan yang sering sekali dapat kamu temui di berbagai hunian, namun seberapa kenal kah kamu dengan aksesoris rumah yang satu ini? Tahukah kamu ada banyak sekali hal yang dapat kita bahas tentang cermin. mulai dari kaca yang digunakan, bentuk, hingga jenis cermin itu sendiri.

Nah teman, berikut merupakan sedikit pembahasan mengenai cermin.

1. Cermin

Apa itu cermin? Cermin merupakan sebuah benda yang dapat merefleksikan cahaya atau yang dapat memantulkan bayangan. sehingga kita dapat melihat diri kita dan hal-hal yang berada di belakang kita.

 Material dari cermin itu sendiri biasanya terbuat dari kaca. namun ada beberapa juga cemin yang terbuat dari logam bahkan ada juga yang menggunakan batu. Namun saat ini saya hanya akan membahas material kaca pada cermin, karena material tersebut merupakan material yang paling sering digunakan.

2. Jenis Material Kaca Pada Cermin

Jenis-jenis kaca ada bermacam-macam, contohnya seperti kaca cembung, cekung dan datar. Nah teman, cermin yang biasa kalian gunakan di rumah merupakan kaca datar yaitu kaca yang merefleksikan bayangan sesuai dengan aslinya.

Lalu untuk kaca cembung, merupakan kaca yang dapat merefleksikan benda yang jauh terlihat lebih dekat. Kaca tersebut dapat kalian temui pada kaca spion kendaraan, dan kaca cekung pada senter dan lampu kendaraan, Biasanya kaca jenis ini mampu menyebarkan cahaya.

Sebenarnya ada jenis kaca lain yaitu kaca dua arah. dimana pada satu sisi kaca jenis ini akan memantulkan bayangan kita, namun jika kita melihat dari sisi yang lain. Maka kita dapat melihat ruangan atau benda yang ada dibaliknya, seperti melihat jendela

3. Jenis-Jenis Bentuk Cermin Hias

bentuk cermin hias ada berbagai macam, mulai dari bentuknya hingga penggunaannya. Biasanya bentuk cermin hias yang ada di rumah menggunakan bentuk-bentuk bidang datar seperti persegi, persegi panjang, dan bundar/oval.

Jenis dari cermin hias juga berbeda, ada hanging mirror dan standing mirror. hanging mirror adalah cermin yang digantung di tembok, sedangkan standing mirror biasanya memiliki kaki agar dapat berdiri di lantai.

namun ada juga beberapa orang yang menjadikan hanging mirror sebagai standing mirror dengan cara disenderkan di tembok

nah untuk kalian yang memiliki ruang yang kecil, disarankan untuk menggunakan hanging mirror dari pada standing mirror. karena hanging mirror tidak memakan banyak tempat pada ruangan.

Sekian artikel tentang serba serbi cermin yang dapat saya bahas pada kesempatan kali ini. semoga artikel tersebut dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin membeli cermin hias. (Muhammad Zidan)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA