by

Daftar Tempat Wisata di Sumbar yang Wajib Dikunjungi

KOPI, Sumbar – Jika anda berjalan-jalan ke Pulau Sumatera, sempatkanlah untuk mengunjungi Sumatera Barat. Daerah yang kaya akan cerita legenda ini ternyata juga kaya akan tempat wisata menarik. Tempat wisata di Sumatera Barat lebih didominasi oleh keindahan alamnya.

Struktur geografis Sumatera Barat yang lebih banyak pegunungan menciptakan pemandangan alam yang eksotis dengan beberapa danau yang terbentuk diantara pegunungan tersebut. Namun jika anda menyukai wisata sejarah, anda bisa juga mendapatkannya di daerah ini. Sumatera Barat juga dikenal sebagai daerah perjuangan pada masa kemerdekaan.

Selama ini anda pasti mengenal Sumatera Barat dengan masakannya. Masakan Padang telah menjelajah di hampir semua bumi Indonesia. Cita rasa khas dari masakan pedas dan berkuah santan sudah familiar dengan lidah orang Indonesia.

Kuliner dari Padang ini seolah menjadi pelengkap dari tempat wisata di Sumatera Barat yang terkenal akan pesonanya. Adat istiadat yang masih kuat di daerah ini juga mempengaruhi pesona wisatanya. Ini ditunjukkan dengan Rumah Gadang yang menjadi obyek wisata budaya. Berikut ini adalah tempat wisata di Sumatera Barat yang harus anda kunjungi versi infowisataid.

1. Jam Gadang

Tempat ini adalah ikon dari Sumatera Barat. Terletak di Bukittinggi, Jam Gadang merupakan bangunan menara yang tinggi dengan fungsi sebagai penunjuk waktu untuk masyarakat Bukittinggi. Salah satu tempat wisata di Sumatera Barat yang dibangun pada tahun 1827 ini menunjukkan seni artistik kuno yang menarik wisatawan. Keunikan dari Jam Gadang ini adalah angka romawi 4 bukan ditulis dengan IV namun IIII.

2. Kepulauan Mentawai

Keindahan kepulauan yang terletak di hamparan Samudera Hindia ini sangat terkenal di penjuru dunia. Tidak kurang banyak selebriti dunia yang melakukan aktivitas surfing di sekitar Pulau Siberut dan Sipora. Pantai dengan pasir putih menambah eksotisme tempat wisata di Sumatera Barat yang pernah terkena tsunami ini.

3. Danau Singkarak

Salah satu danau yang terkenal di Sumatera Barat, atau bahkan Sumatera. Menjadi danau terluas kedua di Sumatera setelah Danau Toba. Tempat wisata di Sumatera Barat yang terkenal akan ikan bilihnya ini terletak sekitar 85 km dari Kota Padang. Untuk menikmati keindahan danau ini, anda dapat menaiki kereta wisata yang ada di tepi danau

4. Ngarai Sianok

Keindahan alam dataran tinggi di Sumatera Barat bisa anda dapatkan disini. Tempat wisata di Sumatera Barat yang terletak di ketinggian 100 meter ini sangat cocok sebagai obyek lukisan dan tempat untuk melepaskan penat. Lembah yang hijau, indah dan subur dan dibawahnya terlihat sungai yang berkelok-kelok menjadi sumber keindahannya.

Keempat tempat wisata di Sumatera Barat tersebut dipilih sebagai rekomendasi untuk anda karena mewakili dari masing-masing jenis wisata. Jam Gadang merupakan ikon dari wisata budaya dan sejarah di Sumatera Barat, Kepulauan Mentawai menjadi tempat wisata ekstrim dan panorama pantai, Danau Singkarak menjadi obyek wisata air tawar yang indah, dan Ngarai Sianok menjadi wisata alam pegunungan yang mempesona.

Tempat wisata di Sumatera Barat lebih terkenal di kalangan masyarakat Sumatera. Kurangnya promosi membuat potensi wisata di daerah ini masih belum banyak dikunjungi wisatawan luar Sumatera. Sebenarnya penerbangan ke Kota Padang sudah banyak tersedia dan dengan harga tiket yang masih terjangkau. Justru wisatawan mancanegara yang banyak mengunjungi tempat-tempat tesebut, khususnya Kepulauan Mentawai untuk berselancar. Tidak heran jika Mentawai dijuluki surga selancar dunia.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA