by

Daftar Tempat Wisata di Sumsel yang Wajib Dikunjungi

KOPI, Sumsel – Sebagai bekas pusat peradaban Kerajaan Sriwijaya, Sumatera Selatan mempunyai banyak tempat wisata yang menarik. Wisata sejarah menjadi andalan provinsi yang beribukotakan di Palembang ini. Selain wisata sejarah, anda bisa mendapatkan tempat wisata di Sumatera Selatan yang memiliki keindahan alam. Untuk anda yang menyukai wisata kuliner, anda bisa mendapatkan pempek asli dari daerah ini. Kekayaan kuliner dari provinsi ini bukan hanya pempek, namun masih ada model, pindang patin, tekwan, pindang tulang, sambal jokjok, tempoyak dan berengkes. Sumatera Selatan lebih menonjolkan wisata dengan nuansa kebudayaan Melayu.

Akulturasi budaya sangat mempengaruhi tempat wisata di Sumatera Selatan. Perpaduan antara budaya Budha yang dihasilkan oleh Kerajaan Sriwijaya dengan Melayu dan Cina menghasilkan arsitektur bangunan yang menarik untuk dinikmati. Wisata kebudayaan yang dipadukan dengan keindahan alam menjadi komoditas wisata utama bagi Sumatera Selatan. Selama ini ikon keindahan alam Sumatera Selatan terdapat di Sungai Musi. Sungai terbesar di Pulau Sumatera ini sudah dikenal sejak jaman dahulu sebagai jalur transportasi dan perdagangan. Sebagai referensi, inilah obyek wisata yang perlu anda kunjungi jika singgah di Sumatera Selatan versi wisatawan.id.

1. Jembatan Ampera

Bangunan ini adalah ikon Kota Palembang pada khususnya dan Provinsi Sumatera Selatan pada umumnya. Membentang melintasi Sungai Musi, jembatan ini diresmikan pada tahun 1965 oleh Presiden Soekarno dengan tujuan mempermudah jalur transportasi antara daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir. Anda akan merasakan pesonanya pada waktu malam karena nyala lampu yang menghiasi jembatan tersebut membuat ikon tempat wisata di Sumatera Selatan ini terlihat eksotis.

2. Pulau Kemaro

Pulau ini terdapat di tengah Sungai Musi. Wisata budaya dan alam sangat kental di pulau ini. Di pulau ini, anda pasti merasa sedang berasa di negeri Cina karena arsitektur bangunan yang ada di pulau ini bernuansa Tionghoa. Daya tarik lainnya adalah terdapatnya pagoda yang terdiri dari 9 lantai. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini sangat unik karena berbentuk sebuah pulau di tengah sungai.

3. Benteng Kuto Besak

Karena terletak di kawasan Sungai Musi, benteng ini menawarkan pemandangan alam Sungai Musi yang menawan. Tempat wisata di Sumatera Selatan yang kental akan nuansa sejarahnya ini dahulu adalah bangunan keraton yang pada abad XVIII menjadi pusat Kesultanan Palembang. Tempat ini sering digunakan wisatawan untuk menikmati sunset pada senja hari dimana cahayanya yang berkilauan di permukaan Sungai Musi terlihat dari benteng ini.

Masih banyak destinasi wisata yang layak anda kunjungi di Sumatera Selatan. Namun karena pertimbangan popularitas dan kualitas pemandangan, tiga tempat wisata di Sumatera Selatan yang telah dibahas diatas menjadi yang paling direkomendasikan. Pertimbangan lain adalah letaknya yang berada di Kota Palembang menjadikan akses ke tempat tersebut tidak sulit. Anda bisa menikmati wisata kombinasi di tiga tempat tersebut, yakni wisata budaya atau sejarah, wisata alam dan wisata kuliner.

Kedai makanan khas Sumatera Selatan banyak berjejer di tepian Sungai Musi. Anda bisa menikmati panorama Sungai yang eksotis sambil menyantap lezatnya kuliner khas tersebut. Untuk anda yang menyukai keindahan alam lainnya, banyak tempat wisata di Sumatera Selatan yang terletak di luar Kota Palembang yang bisa anda coba. Hanya saja dengan jarak yang lumayan jauh dari Kota Palembang, anda harus mempersiapkan waktu dan biaya yang lebih banyak untuk mengunjunginya.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA