by

Saksikan Langsung Mekepung Gubernur Cup, Pj Gubernur Bali: Event Ini Sangat Luar Biasa

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba mendampingi Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya menyaksikan langsung Lomba Mekepung Gubernur Cup 2023, di Sirkuit All In One, Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Jembrana Bali, Minggu (19/11/2023). Selain Bupati Jembrana, Pj Gubernur Bali tersebut juga didampingi Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna serta unsur Forkopimda Jembrana.

Setelah vakum selama tiga tahun, event Mekepung Gubernur Cup kembali digelar, di Sirkuit All In One, Desa Pengambengan. Kembalinya digelar event tersebut, disambut antusias oleh masyarakat Jembrana pecinta mekepumg, dari pantauan awak media ribuan penonton termasuk sejumlah wisatawan asing nampak hadir memenuhi Sirkuit All In One, terakhir digelar event Mekepung Gubernur Cup tersebut pada tahun 2019, dan mendapat sambutan positif dari masyarakat Jembrana.

Lomba Mekepung Gubernur Cup diikuti 171 peserta terdiri dari Tim Ijogading Timur menurunkan sebanyak 73 pasang kerbau, sedangkan Tim Ijogading Barat menurunkan sebanyak 98 pasang kerbau. Perlombaan tersebut berlangsung seru, joki masing-masing tim saling berupaya keras mengalahkan lawan-lawannya.

Terkait hal tersebut, Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya memberikan apresiasi kepada Pemkab Jembrana atas perannya mengangkat tradisi masyarakat menjadi suatu event yang sangat luar biasa dan menarik, ia mengakui bahwa mekepung tersebut merupakan kearifan lokal yang ada di Jembrana dan dapat disaksikan oleh masyarakat luas. “Saya juga pertama kali menyaksikan lomba mekepung ini. Event ini merupakan suatu langkah yang strategis, dan ini merupakan kearifan lokal yang ada di Jembrana yang dapat disaksikan, yang menyaksikan bukan hanya oleh masyarakat Jembrana saja, tetapi juga masyarakat luas, tadi juga ada orang asing di sini ikut menyaksikan, tinggal kedepannya bagaimana agar event ini menjadi event yang rutin untuk dilaksanakan,” jelas Sang Made Mahendra Jaya.

Mahendra Jaya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah berpartisipasi, selain itu, ia juga melihat antusias masyarakat Jembrana yang sangat luar biasa dan penuh semangat, agar selalu juga jaga kekompakannya dan sportivitas. “Saya sangat salut dengan masyarakat Jembrana, salut dengan bupati dan semua pihak, ini sangat luar biasa,” ungkapnya.

Lebih lanjut, pihaknya berharap bahwa kegiatan-kegiatan seperti mekepung harus tetap dijaga kearifannya, karena mekepung merupakan aset Kabupaten Jembrana. “Ini merupakan salah satu komitmennya untuk mendukung kegiatan-kegiatan seperti lomba mekepung, karena mengangkat kearifan lokal yang ada di masyarakat, agar tetap lestari, dan bisa diketahui oleh generasi muda supaya tidak hanya mendengar cerita saja tentang mekepung, tetapi saya melihat langsung di sini,” harapnya.

Apresiasi juga disampaikan oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba atas terselenggaranya kembali event mekepung memperebutkan Piala Gubernur Bali tersebut. “Ini wujud perhatian Gubernur Bali, dengan kembalinya digelar event ini, setelah sempat vakum, event ini mampu menambah semangat serta gairah Sekaa Mekepung Jembrana dalam pelestarian seni budaya asli Jembrana,” ucap Bupati Tamba.

Sementara itu, Koordinator Mekepung, I Made Mara mengucapkan terima kasih atas kembali terselenggaranya event Mekepung Gubernur Cup, ia berharap Mekepung Gubernur Cup di tahun 2024 kembali bisa diselenggarakan. “Kami sangat berharap di tahun 2024, bagaimana caranya agar Mekepung Gubernur Cup tetap diselenggarakan, kami mohon siapapun Gubernur nya supaya tetap diselenggarakan,” ucap Koordinator Mekepung, I Made Mara. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA