by

Kelebihan AK-12 Si Senapan Serbu Standar AD Rusia Terbaru Pengganti AK-74

KOPI, Jakarta – Sekitar beberapa tahun lalu angkatan darat militer Republik Federasi Rusia mengumumkan akan menggantikan AK-74 yang merupakan senapan serbu standar dengan senapan serbu terbaru buatan Perusahaan Kalashnikov yang bernama AK-12.

Penggantian AK-74 dengan AK-12 ini sudah mulai berjalan secara bertahap setelah diumumkannya penggantian senapan serbu standar angkatan darat Rusia.

Lalu sebenarnya apa sih kelebihan AK-12 ini sampai-sampai AD Russia ingin menggunakannya untuk menggantikan AK-74 yang tak kalah legend dan battle proven dibanding AK-47 dan AKM?

1. Penyempurnaan Desain dan Fitur dari AK-74

AK-12 merupakan penyempurnaan dari AK-74 baik dari segi desain dan fitur, desain AK-12 dibuat agar lebih terlihat modern dan bersaing dengan senapan serbu modern lainnya sebut saja M4 dari Amerika Serikat, untuk masalah fitur juga mendapatkan peningkatan seperti adanya Picatinny rail yang memungkinkan penggunanya menambahkan berbagai aksesoris ke AK-12.

2. Punya Reliabilitas yang Sangat Bagus

Seperti melanjutkan legenda AK-47 AKM dan AK-74 yang mempunyai reliabilitas yang sangat bagus, AK-12 berhasil lolos dengan hasil yang memuaskan dari berbagai tes seperti mud test, freezing test, test penembakan secara beuntun dan serangkaian test lainnya.

Bagi yang belum tahu, mud test adalah test dimana senjata dilemparkan ke kubangan lumpur lalu senjata tersebut diambil dan ditembakan untuk melihat apakah senjata masih bisa berfungsi atau tidak. Kemudian Freezing test adalah test dimana senjata dibaluri salju agar memiliki temperatur yang sangat rendah dan setelah itu senjata ditembakkan untuk melihat apakah senjata mampu bekerja pada medan yang memiliki suhu amat dingin.

3. Fitur 2 Round Burst

Fitur 2 round burst atau fitur rentetan 2 peluru adalah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk menembakkan 2 peluru secara beruntun hanya dengan sekali menarik pelatuk. Fitur tersebut memungkinkan penggunanya memiliki kemungkinan mengenai sasaran yang lebih tinggi dalam sekali tarikan pelatuk.

Meski fitur burst bukan merupakan hal yang baru di senapan serbu, namun umumnya kebanyakan fitur burst yang ada adalah fitur 3 round burst yang dapat memuntahkan 3 peluru dalam sekali tarikan pelatuk. Adanya fitur 2 round burst ini dianggap sebagai peningkatan dari fitur 3 round burst menurut mayoritas orang dikarenakan fitur 2 round burst ini menghasilkan recoil yang lebih kecil dan masih memiliki kemungkinan mengenai sasaran yang tinggi seperti fitur 3 round burst.

Itulah dia beberapa kelebihan AK-12 yang kira-kira juga merupakan alasan mengapa AD Rusia mau menggantikan AK-74 nya dengan senapan serbu AK-12 ini. Jika AK-74 saja sudah dianggap bagus oleh berbagai reviewer senjata dan penggunanya langsung, lalu juga mendapatkan hasil analisis berupa masih layak dipakai untuk saat ini dari berbagai analisis militer blog, tentunya si AK-12 yang merupakan versi penyempurnaannya ini memiliki kualitas yang lebih mantap bukan.

Penutup

Demikian pembahasan singkat saya kali ini mengenai beberapa kelebihan senapan serbu AK-12 yang merupakan senapan serbu pengganti AK-74 sebagai senapan serbu standar angkatan darat Rusia.

Sekian dan terimakasih karena telah menyempatkan waktunya untuk membaca artikel ini.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA