by

Manfaat Ilmu Ekonomi dalam Kehidupan Sehari-hari

KOPI, Jakarta – Ketika bersekolah, hampir semua orang mendapatkan pelajaran ilmu ekonomi, apalagi bagi yang dulunya ketika SMA mengambil jurusan ilmu pengetahuan sosial atau yang ketika kuliah mengambil jurusan ekonomi.

Bagi yang sekarang atau berencana dimasa depannya ingin mengambil pekerjaan yang membutuhkan pemahaman terhadap ilmu ekonomi seperti menjadi akuntan, pengusaha, atau manajer pasti sudah tau untuk apa mereka mempelajari ilmu ekonomi ini.

Tapi bagi yang kedepannya tidak punya niatan mengambil pekerjaan yang benar-benar membutuhkan ilmu ekonomi pasti akan bertanya-tanya apa sih tujuan belajar ilmu ekonomi ini, apa bakal ada manfaatnya?

Tentunya tidak semua bertanya-tanya manfaat belajar ilmu ekonomi seperti di atas, tapi sepengalaman saya mayoritas memang seperti itu. Kebanyakan dari mereka yang melontarkan pertanyaan di atas merasa bahwa mempelajari ilmu ekonomi tidak terlalu penting karena tidak berguna secara langsung dikehidupannya.

Padahal meski kita kedepannya tidak akan mengambil pekerjaan yang berkaitan dengan ilmu ekonomi dan benar-benar membutuhkan pemahaman terhadap ilmu ekonomi, ilmu ekonomi ini masih bisa berguna dan memberikan manfaat bagi kita dalam kehidupan sehari-hari tanpa kita sadari.

Lalu, apa saja manfaat Ilmu ekonomi di kehidupan sehari-hari?

Dikutip dari Pendidikanpedia, secara garis besar manfaat Ilmu ekonomi adalah untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan ekonomi yang ada. Jadi sebenarnya jika Anda tidak memiliki pekerjaan yang benar-benar membutuhkan ilmu ekonomi pun Anda masih mendapatkan manfaat dari mempelajari ilmu ekonomi yaitu membantu Anda dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan ekonomi yang Anda hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Namun selain manfaat itu, ada beberapa manfaat lainnya:

  1. Manfaat pertama dari mempelajari ilmu ekonomi di kehidupan sehari-hari adalah memudahkan kita dalam memahami peristiwa-peristiwa ekonomi yang terjadi.
  2. Manfaat ilmu ekonomi yang sangat berguna dikehidupan sehari-hari adalah membuat kita lebih bijak dalam menggunakan sumber daya yang kita punya.
  3. Mempelajari ilmu ekonomi sangat bermanfaat bagi semua lapisan masyarakat khususnya dalam ruang lingkup keluarga, dengan belajar ilmu ekonomi kita dapat dengan bijak dan cermat mengatur skala prioritas kebutuhan-kebutuhan keluarga dan pribadi dari yang terpenting dahulu.
  4. Tanpa kita sadari dengan belajar ilmu ekonomi kita telah setidaknya menumbuhkan jiwa sosial kita menjadi lebih baik daripada sebelumnya.
  5. Lalu dengan sedikit mengerti tentang ekonomi dari pelajaran ilmu ekonomi yang kita dapatkan sewaktu sekolah, kita cenderung menjadi lebih cermat dan mempertimbangkan sisi ekonomis ketika melakukan segala sesuatunya.
  6. Dengan mempelajari ilmu ekonomi khususnya ekonomi mikro, setidaknya kita akan mendapatkan bekal ilmu apabila kedepannya sewaktu-waktu kita ingin mencoba berwirausaha.

Demikian pembahasan singkat saya mengenai apa saja manfaat dari mempelajari ilmu ekonomi di kehidupan sehari-hari, semoga bermanfaat dan apabila ada kesalahan mohon untuk dimanfaatkan.

Sekian yang bisa saya sampaikan dan terimakasih telah menyempatkan waktunya untuk membaca artikel ini.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA