by

5 Tips Melakukan Olahraga Outdoor di Masa Pandemi

KOPI, Lubuklinggau – Konsep bekerja dari rumah atau work from home begitu lekat dengan gaya hidup minim gerak atau dikenal dengan sedentary lifestyle yang membuat daya tahan tubuh menurun. Untuk mengakalinya, Anda perlu melakukan beberapa aktivitas fisik atau olahraga ringan.

Olahraga bisa dilakukan di dalam dan luar ruangan. Namun, di tengah pandemi Covid-19 ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi jika Anda ingin berolahraga di luar ruangan.

Berikut beberapa syarat berolahraga di luar ruangan di tengah wabah virus corona menurut salah satu Mahasiswa Prodi Penjaskesrek STKIP PGRI Kota Lubuklinggau, Adi Kurniawan Wijaya.

1. Cek wilayah

Akan lebih baik jika Anda mengenal wilayah tempat tinggal terlebih dahulu. Jika banyak di antara warga setempat terinfeksi virus corona, maka urungkan niat berolahraga di luar ruangan. Anda bisa berolahraga di dalam rumah atau di halaman rumah.

“Olahraga di rumah tak harus benar-benar di dalam, bisa di halaman rumah asal tetap di dalam pagar, bukan keluar kompleks,” kata Adi, Rabu (22/07/2020).

2. Kondisi tubuh fit

Jika tubuh berada dalam kondisi sehat, Anda bisa berolahraga di luar ruangan. Sebaliknya, jika merasa kurang sehat, Anda disarankan untuk berolahraga di dalam ruangan.

Saat kondisi tubuh kurang fit, daya tahan tubuh akan menurun dan secara otomatis membuat Anda rentan terserang penyakit.

3. Jaga jarak

Andi mengingatkan untuk tetap menjaga jarak jika berpapasan dengan orang lain selama berolahraga. Hal ini juga berlaku meski Anda berolahraga bersama teman. Setidaknya beri jarak 1,5-2 meter.

4. Olahraga tanpa menyentuh benda-benda sekitar

Selama berolahraga, Anda tidak diperbolehkan menyentuh benda apa pun. Taman-taman tengah kota biasanya menyediakan area olahraga lengkap dengan fasilitas yang bisa dimanfaatkan. Namun, untuk situasi seperti ini, lakukan olahraga tanpa bersentuhan dengan benda-benda sekitar.

“Jangan sentuh wajah. Setelah berolahraga, baju segera dicuci,” imbuh Adi.

5. Kenali tubuh

Kenali tubuh Anda sendiri. Jangan sampai Anda olahraga dalam porsi berlebih. Cukup berolahraga dengan intensitas sedang maksimal 60 menit. (Vhio)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA