by

Peringati HUT ke-390, GMKI Karawang: Jangan Hanya Seremonial, Tapi Benahi dan Evaluasi Kondisi Sosial

KOPI, Karawang – Hari Jadi Kabupaten Karawang, bukan hanya tentang memperingati kelahiran atau pembentukan maupun ueforia semata, melainkan harus menjadi bahan evaluasi bagi seluruh stakeholder pemerintahan, baik itu eksekutif maupun legislatif. Pembenahan dan evaluasi itu terkait beberapa permasalahan yang terjadi, baik tentang pendidikan yang belum merata dan sosial maupun pembangunan di Kabupaten Karawang yang belum maksimal di berbagai daerah.

Ketua GMKI Karawang menyoroti persoalan situasi politik yang akan dihadapi bersama yaitu pada tahun 2024. “Saya melihat banyak sekali banner atau pun baliho yang terpasang di berbagai jalan utama yang ada di Karawang. Saya mengingatkan agar para ketua Partai yang ada di Karawang untuk segera mengintruksikan para pasukannya untuk tidak menancapkan banner atau pun spanduk di pohon atau tumbuhan karena itu sangat tidak elok untuk dilakukan,” ucap Irwancis Siringoringo.

Lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Karawang harus lebih mengetahui kondisi dan gejala sosial yang terjadi di masyarakat dengan melakukan peninjauan langsung terkait kebutuhan masyarakat. Dimana saat ini, masyarakat juga membutuhkan pemerataan infrastruktur di semua wilayah yang ada di Kabupaten Karawang.

“Saat ini, masih banyak daerah di Kabupaten Karawang yang sangat rawan sekali banjir di kala musim hujan terjadi. Harapan saya pemerintah Kabupaten Karawang mampu menangani persoalan ini karena menurut kami GMKI Karawang akan rentan di politisir oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab menjadikan kasus banjir menjadi panggung mempolitisasi kemanusiaan,” ungkap Ketua GMKI Karawang.

Masih menurut Ketua GMKI Karawang yaitu persoalan pendidikan di Kabupaten Karawang yang belum merata persoalan lowongan kerja di Karawang. “Karawang adalah salah satu daerah dengan UMR tertinggi, jangan sampai predikat yang didapat Kabupaten Karawang sebagai salah satu daerah dengan UMR yang tinggi menjadi kutukan dimana masih kurang optimalnya penyerapan tenaga kerja di Karawang bagi mereka yang belum mendapatkan pekerjaan di tanah kelahiran mereka sendiri. Kami hanya berharap di usia yang sudah menginjak ke-390, pemerintah Kabupaten Karawang bisa benar-benar memprioritaskan terkait pemerataan pembangunan ekonomi, Pendidikan yang merata dan mengoptimalkan semaksimal mungkin sumber daya yang di miliki Kabupaten Karawang,” pungkas Irwancis Siringoringo. (DJ)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA