by

PPWI Lakukan Kerjasama dan Kunjungan Studi Pewarta Pariwisata ke Nagano Jepang

KOPI, Jembrana Dewan Pengurus Nasional Persatuan Pewarta Warga Indonesia (DPN PPWI) akan memberangkatkan 10 orang peserta “Studi Jurnalistik Pewarta Pariwisata PPWI” ke Nagano Jepang pada 29 September – 6 Oktober 2023 mendatang. Kunjungan studi jurnalistik tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan jurnalistik Pewarta Warga Indonesia.

Terkait hal tersebut, Ketua DPC PPWI Jembrana Ahmad Muhtarom mengapresiasi progam PPWI di bawah Pimpinan Wilson Lalengke, S.Pd.,M.Sc., M.A., bahwa progam tersebut sangat bermanfaat untuk warga Indonesia. “Terbukti saat ini akan memberangkatkan 10 peserta dari DPC PPWI se-Nusatara untuk mengikuti kunjungan studi Pewarta ke Nagano Jepang,” ucap Ahmad Muhtarom.

Lanjutnya, Ketua DPC PPWI Jembrana Ahmad Muhtarom menuturkan bahwa Ketum PPWI orangnya tulus, ikut serta membangun Bangsa Indonesia melalui organisasi PPWI sampai ke manca negara dan mempunyai Perwakilan PPWI yang berada di 18 negara, salah satunya negara tujuan adalah Nagano Jepang. “Ketum PPWI Wilson Lalengke mengadakan kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Nagano Jepang terkait Kunjungan Studi Pewarta Pariwisata PPWI,” tutur Ahmad Muhtarom.

Lebih lanjut, Ahmad Muhtarom menyampaikan ucapan terima kasih atas terpilihnya sebagai peserta Kunjungan Studi Pewarta Pariwisata PPWI ke Nagano Jepang. “Saya ucapkan terima kasih banyak kepada Ketum PPWI Bapak Wilson Lalengke atas didikan dan bimbingannya selama ini, dan memilih saya sebagai peserta studi ke Jepang, menurut saya Bapak adalah seorang pejuang pers yang membesarkan nama Bangsa Indonesia di tingkat internasional dan membela para wartawan dan masyarakat yang terzolimi, dan Bapak adalah pahlawan kebenaran, semoga Bapak selalu diberikan kesehatan, panjang umur dan semoga PPWI jaya selalu, aamiin,” ucap Ketua DPC PPWI Jembrana Ahmad Muhtarom yang juga merangkap sebagai Kooreg Bali, Maluku dan Nusra.

Sementara itu, Ketum PPWI saat dihubungi awak media Kamis (27/7/2023) melalui whatsapp terkait 10 peserta yang akan diberangkatkan ke Nagano Jepang mengatakan bahwa memang benar akan memberangkatkan sebanyak sepuluh orang calon peserta dari kalangan Citizen Journalist atau Pewarta Warga Indonesia (PPWI) ke Nagano Jepang. “Saya mengimbau kepada 10 peserta yang akan mengikuti kunjungan studi ke Nagano – Jepang agar mempersiapkan diri untuk mengurus dokumennya seperti surat hasil tes kesehatan, Pasport Hijau Umum, dan lain sebagainya,” tutur Wilson Lalengke yang merupakan lulusan di tiga Universitas bergengsi di Eropa.

Alumni PPRA-48 Lemhannas RI Tahun 2012 tersebut berharap kepada 10 para peserta yang akan mengikuti kunjungan studi tersebut akan menjadi pewarta yang mempunyai kemampuan menulis yang baik untuk memajukan pariwisata di daerah kabupaten masing-masing. Berikut sepuluh orang terpilih untuk berangkat ke Nagano Jepang sebagai berikut:

  1. Ali Syarief (Divisi Sosbud, Pemuda & Olahraga pada DPN PPWI, Koordinator Program, pimred media fusilatnews.com)
  2. Neneng JK (Sekretaris DPC PPWI Karawang, Editor Media KOPI)
  3. Ahmad Muhtarom (Ketua DPC PPWI Jembrana, Editor Media KOPI)
  4. Nurul Auli (PPWI Aceh Utara, Editor Media KOPI)
  5. Winarsih Lalengke (Bendahara I pada DPN PPWI, pendamping rombongan)
  6. Husin Muchtar (Ketua DPC PPWI Lampung Tengah, Pimred Media KPK)
  7. Sopiyanto (Ketua DPC PPWI Lampung Timur, Editor Media JPPPos)
  8. Muhammad Ribaldi Adiwar (DPN PPWI, Fotografer Media KOPI)
  9. Agung Sulistyo (PPWI DKI Jakarta, Pimred Media SBINews.com)
  10. Muhammad Abbas (Ketua DPC PPWI OKI, Editor Media Group KPK).

“Dari sepuluh orang tersebut dimohon untuk segera mengurus dokumen perjalanannya ke Kantor Imigrasi terdekat,” jelas Wilson Lalengke.

Presiden Persaudaraan Indonesia Maroko (Persisma) Wilson Lalengke tersebut menjelaskan bahwa organisasi PPWI yang ia pimpin tersebut sudah mempunyai Perwakilan di 18 negara, di antaranya sebagai berikut:

  1. Republic of Lebanon, diketuai Jamil Ali Zaher
  2. Republik of Algeria, diketuai Zarfi Warda Bendahou
  3. Kingdom of Saudi Arabia, diketuai Dr. Faisal Khaleed Al Ghareeb
  4. Republik of Brazil diketuai Khalaf Fadi
  5. Republik of Egypt diketuai Mohamed Sayed Mohamed Sayed
  6. Repulik of Iraq, diketuai Abdulkarem A Abdulzahra Al-Wazzan
  7. Republik of Libya, diketuai Faez Mohmad Monsour Alfarjani
  8. Islamic Republik of Mauritania, diketuai Taleb Dahmane Mohamed Yahya
  9. Sultanate of Oman, diketuai Talib Saif Al Dhabbari
  10. Republic of Somalia, diketuai Hana Nasir Ibrahim
  11. Republic of Chad, diketuai Saboara Armya Gombo
  12. Republic of Tunisia diketuai Hidia Louati Ep Bahloul
  13. Empire of Japan, diketuai Katsujiro Ueno
  14. Republik of Taiwan
  15. Kingdom of the Netherlands, diketuai Robert Nio
  16. Republik of France, diketuai Ade Kartini Paquis
  17. Kingdom of Malaysia, diketuai Gufron Hafi Zulhadi
  18. Sultanate of Uni Emirate Arab, diketuai Abdul Rahman Naqi Al Bastaki.

“Salah satu dari 18 negara tersebut adalah Jepang yang akan menjadi tujuan studi banding dan kerjasama dengan PPWI,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA