by

Evaluasi Program Kerja, PPWI Kabupaten Bogor Gelar Refleksi Akhir Tahun

KOPI, Cibinong – Refleksi akhir tahun merupakan momen penting bagi setiap individu ataupun organisasi dalam mengevaluasi program kerja yang telah dicapai serta merencanakan langkah selanjutnya. Begitu pula dengan Dewan Pengurus Cabang Persatuan Pewarta Warga Indonesia (DPC PPWI) Kabupaten Bogor yang mengadakan giat Refleksi Akhir Tahun 2023 dengan tema “Evaluasi Program Kerja & Berbagi Kebaikan Melalui Santunan”.

Sekretariat DPC PPWI Kabupaten Bogor yang beralamat di Jl. KH. Marjuki No. 01, 005/004, Pakansari, Cibinong menjadi tempat dilaksanakannya kegiatan refleksi akhir tahun kali ini. Pada kesempatan itu, DPC PPWI Kabupaten Bogor membagikan pengalaman, kesulitan, serta solusi yang dapat menjadi inspirasi bagi anggota-anggota PPWI dan masyarakat luas untuk berjuang menuju kebaikan.

“Pernahkah kita membayangkan bahwa kebaikan dapat ditemukan dalam hal-hal terkecil sekalipun? di dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita dihadapkan pada situasi yang membutuhkan perhatian dan tindakan kasih sayang. Momen-momen itulah yang kemudian menjadi inspirasi dalam giat refleksi akhir tahun DPC PPWI Kabupaten Bogor tahun ini,” ujar Ketua DPC PPWI Kabupaten Bogor, Wiri Yutruski, dalam sambutannya, Sabtu (30/12/2023).

Selain itu, lanjut Wiri, DPC PPWI Kabupaten Bogor tidak hanya merayakan keberhasilan yang dicapai pada tahun ini, namun juga menjaga silaturahmi para wartawan dalam konteks kebangsaan.

“Dalam sesi giat refleksi ini, anggota PPWI berdiskusi dan saling berbagi pengalaman untuk meningkatkan kualitas social control dengan mengedepankan riset dan pengembangan jurnalistik yang diharapkan dapat memicu semangat berjuang bagi para wartawan untuk memberikan yang terbaik dalam melaporkan berita. Selain itu, Kami (PPWI – red) sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan yang harus selalu dijaga dan dilestarikan,” ucapnya.

Senada dengan hal itu, Kepala Bidang (Kabid) Hukum dan Advokasi DPC PPWI Kabupaten Bogor, Berto T Harianja mengatakan, giat yang digagas oleh pihaknya tersebut juga berfokus pada refleksi diri dan merenungkan masa lalu. Hal ini menjadi penting karena dalam merenungkan masa lalu, para anggota PPWI dapat mengambil hikmah dari setiap pengalaman yang telah dilalui dan memperbaiki diri untuk masa depan yang lebih baik.

“Dalam giat refleksi akhir tahun ini, DPC PPWI Kabupaten Bogor telah berhasil mengadakan beragam kegiatan yang sangat memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya warga Kabupaten Bogor. Selain melaporkan berita, DPC PPWI Kabupaten Bogor juga sukses melakukan advokasi kepada warga yang membutuhkan bantuan hukum. Mulai dari permasalahan kemacetan kredit, permasalahan ketenagakerjaan, hingga permasalahan sengketa tanah,” pungkasnya.

Lebih jauh praktisi hukum muda itu menjelaskan bahwa, PPWI merupakan organisasi non-profit yang beranggotakan para jurnalis warga, wartawan profesional, dan praktisi hukum di Indonesia. PPWI didirikan pada tahun 2007 oleh sekelompok wartawan yang ingin mempromosikan jurnalisme warga serta kebebasan berekspresi dan meningkatkan kualitas pemberitaan di tingkat lokal. Tujuan utama PPWI adalah mendukung dan mengembangkan jurnalisme warga di Indonesia, serta menggali potensi masyarakat dalam menciptakan konten berita yang berkualitas tinggi dan relevan.

“Mungkin selama ini masih ada segelintir individu yang salah kaprah dengan keberadaan organisasi kami ini, maka dari itu pada kesempatan refleksi akhir tahun ini perlu saya luruskan bahwa sejak didirikannya PPWI sudah mempunyai ‘Legal Standing’ dan tujuan utama didikannya organisasi kami ini adalah mencerdaskan anak bangsa,” tegasnya.

Kegiatan dihadiri oleh segenap jajaran anggota dan pengurus DPC PPWI Kabupaten Bogor, para media undangan. Kegiatan ditutup dengan pemberian santunan kepada puluhan warga kurang mampu yang bermukim di sekitar Sekretariat DPC PPWI Kabupaten Bogor. (TIM/Red)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA