by

Dana Desa Pasirtalaga Diduga Disalahgunakan, Ketua DPC FPI Telagasari Datangi Kantor Kecamatan

KOPI, Karawang – Ketua DPC FPI Telagasari Arief Iman Darajat mendatangi Kantor Kecamatan Telagasari untuk mengklarifikasi terkait dana desa Pasirtalaga yang diduga disalahgunakan. Ia langsung menemui Hj. Yeti selaku Camat Telagasari, Selasa (13/6/23).

Dalam kesempatan tersebut, Hj. Yeti menjelaskan bahwa pada saat menjelang penyelenggaraan Pilkades Pasirtalaga 2021 lalu, benar ada pencairan dana sebesar 8% dari dana desa Rp.79.739.840,- yang diperuntukkan untuk dana PPKM. “Sebenarnya saya juga menolak dana desa dicairkan pada saat mendekati hari penyelenggaraan Pilkades, takutnya akan disalahgunakan. Apalagi Kades tersebut sudah di akhir masa jabatannya,” jelasnya.

Lanjutnya, karena dana desa tersebut harus dicairkan maka pihak Kecamatan mewajibkan para kepala desa untuk membuat berita acara pencairan dana desa tersebut. “Saya menyuruh masing-masing kepala desa untuk membuat berita acara pencairan dana desa peruntukan untuk alkes,” tambahnya.

Saat disinggung terkait apakah benar LPJ-nya belum ada, Camat Telagasari mengatakan tidak mengetahui hal tersebut karena tanggung jawabnya ada di tangan kepala desa itu sendiri. “Saya tidak tahu, itu kan urusan Kepala Desa,” tegasnya.

Masih kata Camat, terkait laporan atau LPJ merupakan kewenangan Inspektorat yang harus memeriksanya. “Untuk mengetahui apakah LPJ-nya sudah ada atau belum, itu bukan ranah saya untuk memeriksa. Akan tetapi saya sudah mengingatkan,” ujarnya.

Sementara itu, di tempat terpisah, Nirwan selaku Ketua LPM Desa Pasirtalaga menanggapi tanggapan Camat Telagasari dan ia berharap adanya binaan dari Kecamatan atau birokrasi di atas kecamatan bisa lebih maksimal. “Ini bukan masalah anggaran yang 8%, tetapi ini harus menjadi pelajaran yang berharga bahwa komitmen pengawasan pengelolaan dana desa itu adalah komitmen semua pihak,” ujarnya.

Ia melanjutkan, jadi dari setiap kejadian itu ada pelajaran yang berharga bagi semua pihak bahwa yang berkaitan dengan pengelolaan dana desa yang diperuntukan untuk masyarakat, maka pengawasannya harus betul-betul diperhatikan. Menurutnya, pihak kecamatan tidak hanya mengingatkan terkait LPJ saja, akan tetapi mengimbau agar penggunaan alokasi dana tersebut tepat sasaran.

“Misalnya dana alkes atau dana untuk pengadaan sarana PPKM, seharusnya pihak kecamatan mengimbau agar dana tersebut dipergunakan sebagaimana mestinya. Dalam hal ini uang tersebut adalah uang negara, bukan soal besar atau kecil, itu adalah relatif, tetapi saat itu dana tersebut harus digunakan untuk kebutuhan masyarakat yang pada saat PPKM kondisinya memprihatinkan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, “Di sisi lain, anggaran yang seharusnya untuk antisipasi atau untuk sarana alkes malah tidak digunakan sebagaimana mestinya.” (DJ)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA