by

20 Peserta Pelatihan Quick News Jasa Raharja Konsentrasi Latihan Membuat Berita


KOPI, Jakarta – Sejumlah 20 peserta pelatihan quick news dari Jasa Raharja terlihat sudah memadati arena auditorium lantai 4, Gedung Jasa Raharja, di bilangan Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, hari Sabtu (01/10/2022). Para peserta ini berlatih membuat berita cepat dengan teori 5W dan 1H.

Hadir sebagai narasumber Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI), Wilson Lalengke, dan Dosen Universitas Jayabaya, Mung Pujanarko. Dalam paparannya, Wilson Lalengke menyatakan bahwa siapa yang menguasai informasi maka dia menguasai dunia.

“Untuk Jasa Raharja, saya berharap bapak dan ibu yang hadir ini mampu menyajikan informasi yang cepat, tepat dan akurat, nanti akan dibimbing oleh instruktur dari PPWI,” ujar alumni PPRA-48 Lemhannas RI tahun 2012 itu.

Dalam acara ini salah seorang peserta, yakni Ananda, mengatakan bahwa induktif dan deduktif dalam membuat berita harus terlebih dahulu dikuasai oleh para peserta. Untuk itu Mung Pujanarko selaku instruktur quick news menyatakan bahwa sebaiknya peserta harus mulai memaksa diri untuk mampu menuangkan berita 5W dan 1H secara faktual dan aktual agar bisa membuat quick news secara akurat.

“Saya menyarankan agar peserta memanfaatkan waktunya dalam pelatihan ini secara sesingkat-singkatnya membuat quick news,” ujar Mung Pujanarko. (*)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA