by

Rohani Pelukis Disabilitas Tersenyum Saat Didatangi DPD RI Haji Uma

KOPI, Aceh Utara – Rohani (40), penyandang disabilitas yang jago melukis asal Gampong Pulo, Kecamatan Syamtalira Aron, Kabupaten Aceh Utara, akhirnya tersenyum. Hal tersebut dikarenakan kehadiran anggota DPD RI asal Aceh H Sudirman sapaan Haji Uma ke rumahnya seperti dalam mimpi, Rabu (1/9/2021).

Selain Haji Uma, dalam rombongan tersebut ikut hadir pengusaha muda Lhokseumawe. Safrizal atau Toke Dan, staf Ahli Haji Uma, Muhammad Daud, dan Mulyadi serta stafnya Hamdani alias Madnu dan Muhammad Furqan.

Putri kedua dari pasangan almarhum Muhammad Yusuf dan Aminah (69) meskipun memiliki Keterbatasan fisik  sejak 15 tahun. Hanya bisa duduk tidak menghambatnya dalam berkarya untuk menghasilkan berbagai jenis lukisan sesuai orderan atau permintaan yang membutuhkan waktu paling lama 3 hari. Karyanya dihargai Rp 50 ribu per wajah dengan ukuran bingkai sedang.

Rohani salah seorang fans Haji Uma (Empang Breuh) yang sudah lama mengharapkan kehadirannya, akhirnya bisa tersenyum. Bahkan Rohani telah melukis wajah Haji Uma dengan gaya khasnya dalam film komedi Aceh itu dengan memegang parang seperti dalam serial komedi tersebut.

Rohani menceritakan awal mula mengalami kelumpuhan yaitu pada tahun 2015 lalu, awalnya ia sakit di bagian lambung dan rematik, tapi semakin hari semakin parah hingga lumpuh dan dirinya sudah berusaha berobat, tapi tidak ada tanda-tanda kesembuhan. ”Sebelum menderita lumpuh, saya sempat mengajar di salah satu sekolah dasar (SD) di Kecamatan Syamtalira Aron sebagai guru honorer, setelah saya sakit fokus melukis untuk mengisi kekosongan waktu lantaran tidak bisa lagi beraktivitas di luar rumah, apalagi hobi melukis ini sejak kecil,” kata Rohani, Rabu (1/9/2021).

Menurut Rohani, sejak dirinya sakit hanya menghabiskan waktu dengan melukis berbagai macam lukisan yang telah dilukisnya. Ada yang memesan lukisan wajah, pemandangan alam, dan lainnya sedangkan peralatan ia hanya menggunakan pensil 2b, kanvas, dan kertas perca yang diletakkan di atas potongan tripleks. Bagi yang ingin memesan lukisan bisa langsung menghubungi nomor telepon 082269683810.

“Semua kebutuhan maupun peralatan selama ini meminta bantu kepada kakak untuk membeli, saya sangat berterima kasih kepada H Sudirman yang telah hadir ke tempat saya. Karena saya sudah lama ingin bertemu langsung dengan Haji Uma dan hari impian saya terwujud,” ungkapnya.

Sementara itu, H Sudirman menyebutkan kunjungan ini merupakan kunjungan silaturahmi yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada Rohani agar memicu kreativitas dan semangatnya terhadap bakat dilakoninya. “Kita lihat ini adalah suatu bakat yang memang punya potensi yang sangat membanggakan bagi kita, bagi anak bangsa ini adalah seperti mutiara yang terpendam, mutiara yang tertanam dan tidak ter ekspos maka dalam hal ini kita memberikan perhatian bersimpati terhadap Rohani. Meskipun kondisi tubuh kondisi fisik beliau yang serba keterbatasan tapi namanya produksi atau karya yang dihasilkan oleh beliau melebihi dari pada orang-orang yang punya fisik yang sempurna,” terang Haji Uma.

Selain itu, Haji Uma merasa bangga dan terharu dengan keahliannya meskipun memiliki keterbatasan, sebenarnya pemerintah lewat badan terkait apakah lewat UMKM ataupun ekonomi kreatif. Oleh sebab itu, pemerintah harus mensupport dan memberikan pembinaan dikarenakan ini sumber ekonomi kreatif yang mempunyai nilai tawar bahkan itu bisa dipasarkan bukan hanya di dalam daerah bahkan mancanegara karena hasil karya lukisan ini tidak semuanya orang bisa.

“Orang-orang yang punya fisik yang sempurna belum tentu mampu melakukan hal semacam ini, tapi yang punya keterbatasan mampu melakukan hal yang tidak mampu dilakukan oleh orang-orang yang notabennya punya fisik yang sempurna. Ini salah satu berkah mungkin dibalik kekurangannya ada kelebihan yang luar biasa yaitu kelebihan yang dianugerahkan Allah kepadanya,” pungkasnya. (*)

Editor: NJK

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA