by

Senator Fachrul Razi bersama Sekolah Literasi gelar Webinar Berkarya di Masa Pandemi

KOPI, Banda Aceh – Sekolah Literasi gelar acara Webinar Berkarya di Masa Pandemi dengan tema “Menjadi Penulis Produktif bersama Senator Fachrul Razi” pada Sabtu (7/8/21)secara virtual. Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama Sekolah Literasi, SPMA, DPD RI dan beberapa Media Partner yang ada.

Acara diikuti oleh peserta dari berbagai wilayah di Indonesia diantaranya Aceh, Jakarta, Karawang, dan lain-lain. Peserta yang mengikuti acara mencapai puluhan yang terdiri dari Mahasiswa, Pemuda, Penulis dan unsur lainnya.

Dalam paparannya, Senator Fachrul Razi memulai dengan kutipan “Ingin mengenal dunia, jelajahlah. Ingin dikenal dunia, maka menulislah,” ujarnya.

Kalimat tersebut membuat semangat para peserta yang mengikuti webinar pada hari ini, Senator Fachrul juga memberikan motivasi menjadi seorang penulis sebagaimana yang sudah ia geluti selama duduk di kursi Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) sampai saat ini.

Ia mengisahkan di sela kesibukan menjadi seorang politisi yang memikirkan banyak hal, namun dirinya tetap menyempatkan waktu untuk menulis. Al-hasil dirinya sudah melahirkan delapan karya semasa menjabat sebagai senator dan selama masa Pandemi ini, juga ada tiga buku baru siap direlease olehnya.

Pada sesi materi ini, Alumni Magister Ilmu Politik Universitas Indonesia yang akrab disapa Bung Fachrul ini juga membagikan trik menulis agar memudahkan pembaca dalam melihat dan memahami tulisan kita. “Sedikitnya penulis harus mempunyai lima esensial dalam Leadership Skill,” papar Fachrul.

Adapun lima esensial tersebut berupa Communication, Motivation, Positivity, Creativity, Feedback. Selain itu Fachrul juga menjabarkan permasalahan literasi hari ini di kalangan anak bangsa. “Ada banyak minat baca yang dijiwai oleh anak bangsa, namun untuk menulis fakta yang sesuai realita, nihil,” ungkapnya.

Ketua Komite I DPD RI pun mengutip dari sebuah penjelasan Imam Al Ghazali “Jika engkau bukan anak raja dan engkau bukan anak dari ulama besar, maka jadilah penulis,” tutupnya. (Alja)

Editor: NJK

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA