by

Sukarno Gagas Gerakan Sedekah Buku

KOPI, Semarang. Sukarno, SIP, SS yang dikenal sebagai penulis dan editor beberapa tahun terakhir telah berhasil melaksanakan Gerakan Nasional Tulis Buku atau Gernastuku. Ada ratusan buku yang telah terbit dan menambah referensi, pustaka ilmu pengetahuan bangsa Indonesia.Terkini, Sukarno, SIP, SS menggagas program literasi nasional Gerakan Sedekah Buku pada Sabtu, 09 Juli 2022 di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Apakah Gerakan Sedekah Buku? “Gerakan Sedekah Buku merupakan program literasi yang penting, karena dengan Gerakan Sedekah Buku dapat berbagi ilmu dan pengalaman. Masyarakat kita sudah terbiasa dengan tradisi gotong-goyong,” ungkap Sukarno, SIP, SS.

Untuk tahap awal, Sukarno, SIP, SS memprioritaskan buku bacaan, buku sastra (buku kumpulan puisi, buku kumpulan cerpen, novel, drama), buku pendidikan, buku berbahasa Jawa, Inggris, Indonesia, Arab, majalah, jurnal, publikasi ilmiah, dll. “Semoga dapat mencapai target terkumpul sejumlah minimal 100 buku,” harapnya.

Jika dapat terkumpul lebih dari 100 buku, alhamdulillah lebih bagus. Berarti dapat melampaui target.

Sukarno, SIP, SS selaku penggagas, berharap program ini bermanfaat untuk pengembangan perpustakaan sekolah terpilih. Kalau bukan kita sebagai pihak yang peduli pada sekolah, siapa lagi? Kalau bukan sekarang, kapan lagi?

Teknis pengumpulan buku: buku dititipkan pada anak ketika berangkat sekolah. Lalu buku dititipkan di perpustakaan sekolah masing-masing.

Sampaikan: Gerakan Sedekah Buku. Nanti di perpustakaan sekolah insya Allah buku akan ditampung. Orang tua/wali murid/murid/alumni/masyarakat diharapkan dapat berpartisipasi dalam program literasi nasional Gerakan Sedekah Buku.Waktu pengumpulan buku yaitu pada jam kerja & hari kerja.

“Buku hasil program literasi Gerakan Sedekah Buku insya Allah akan ditampilkan pada pada saat upacara bendera di sekolah masing-masing. Mohon bantu sebarkan program ini ke seluruh Indonesia dan luar negeri,” pungkasnya.

Untuk informasi lebih lanjut, bagi masyarakat Indonesia di dalam negeri dan luar negeri yang berminat berpartisipasi dapat menghubungi WhatsApp 0816341810.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA