by

AR Learning Center: Belajar Menjadi Presenter Handal Perlu 3 Modal Utama

KOPI, Jakarta – Menjadi seorang Presenter / Pembawa Acara dalam berbagai event, haruslah memiliki karakter dan kepribadian menarik. Mereka adalah pemimpin dalam sebuah acara, oleh karena itu sebagai public Speaker perlu memiliki ilmu dan tehnik tertentu agar dapat memandu jalannya acara menjadi menarik dan bisa membuat peserta tetap antusias mengikuti acara sampai akhir.

AR Learning Center, suatu lembaga pelatihan, pendidikan dan pengkaderan non akademik. Keberadaannya dimaksudkan untuk meningkatkan personal skill dalam hal content creator, journalism dan public speaking. Beberapa waktu yang lalu AR Learning Center telah menyelenggarakan pelatihan bersertifikasi sebagai Presenter pada tanggal 26 – 29 Januari 2021.

Pelatihan tersebut dilaksanakan secara Daring melalui media Online, seperti Whatsapp Group dan Video Converence dengan aplikasi Google Meet. Pemilihan metode daring dalam penyelenggaraan pelatihan tentunya menyesuaikan situasi dan kondisi saat ini yang masih pandemi. 35 Peserta telah mengikuti pelatihan sertifikasi presenter dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, dosen, dan wirausaha, yang berasal dari berbagai kota di Sumatra, Jawa, Kalimantan dan Bali.

Di kelas ini para peserta dilatih menjadi seorang presenter yang handal oleh Coach Andre Hariyanto. C.PS., C.STMI., CF-NLP., C.MST., CTMM., C.SB., C.PI. Menurut Andre, menjadi presenter setidaknya harus mempunyai 3 modal utama yaitu Fisik, Ilmu dan Kepribadian. Pada hari pertama pelatihan, dilakukan sesi perkenalan dimana seluruh peserta diminta untuk memperkenalkan diri dengan cara nya masing-masing.

Pada hari kedua, peserta diberikan materi yang sudah persiapkan dengan baik oleh tim AR Learning Center. Materi yang diberikan antara lain: modal menjadi presenter, cara menjadi presenter yang handal, bagaimana cara berbicara yang baik, dan juga tips mengatasi rasa gugup.

Kartika, salah satu peserta pelatihan yang berprofesi sebagai seorang Dosen di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta, merasa senang mendapat ilmu dari Coach Andre. “Alhamdulillah akhirnya saya mendapat ilmu dasar untuk menjadi presenter yang baik dan handal, jadi nanti kalau suatu ketika diminta untuk memandu jalan nya suatu acara saya bisa tampil lebih percaya diri,” demikian komentar Kartika.

Selain pelatihan tadi, AR Learning Center telah melakukan berbagai jenis pelatihan lain yang seperti: jurnalistik, public relation, event organizer, expert tutor, certified presenter, digital marketing, content creator, professional writer, dan berbagai jenis pelatihan lain yang tentunya jika lulus peserta berhak menyandang gelar non akademik sesuai jenis pelatihan yang diikuti. Selain itu, Lembaga AR Learning Center juga telah terdaftar dan mendapatkan ijin usaha berupa IUMK dan NIB dengan jenis usahanya: pelatihan Public Relation, content Creator, jurnalis, dan Marketing. (Kartika Sari)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA