by

Cara Cepat Belajar Kimia

KOPI, Jakarta – Pelajaran kimia terlebih materi asam amino non esensial sering dianggap salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh beberapa pelajar SMA. Beberapa penyebabnya dikarenakan siswa yang tidak menyukai pelajaran kimia hingga kesulitan dalam memahami konsep adan menghafal rumus. Oleh karena itu ada cara cepat belajar kimia yang bisa coba digunakan.

Dan pastinya cara ini sangat mudah untuk dipelajari dan sangat cepat untuk dimengerti sehingga belajar kimia tidak akan terasa sulit lagi.

Cara Belajar Kimia dengan Mudah dan Cepat

Biasanya pelajaran kimia terasa sulit karena sugesti diri sendiri yang menganggap bahwa pelajaran kimia itu sulit. Akibatnya saat menghafal rumus, melakukan percobaan, dan menghitung soal akan terasa sulit untuk diselesaikan.

Selama menerapkan sistem pembelajaran yang benar dan tepat maka pasti bisa menguasai mata pelajaran kimia. Berikut ini beberapa cara cepat belajar kimia.

  1. Membaca Buku Ensiklopedia

Dengan sering membaca buku ensiklopedia dapat mempermudah dalam pembelajaran kimia. Dalam buku ensiklopedia terdapat penjelasan yang mudah dipahami. Ensiklopedia kimia akan mengenalkan ilmu kimia yang ada di alam, sistem periodik, struktur atom, pembentuk senyawa, dan lainnya.

Melalui buku ini akan mengetahui penerapan kimia dalam kehidupan sehari hari. Pada buku ini juga terlampir juga  ilustrasi sehingga pembelajaran tidak terasa membosankan.

  • Jangan Hanya Menghafal Rumus Kimia

Rumus merupakan hal yang sangat penting untuk menyelesaikan soal terutama yang berkaitan dengan kimia karena berfungsi sebagai informasi mengenai penyusun suatu senyawa. Namun dengan menghafal rumus saja tidak cukup.

Salah satu kunci untuk menguasai materi kimia adalah dengan memahami konsep dan mengetahui hubungan antar konsep.

  • Melakukan Percobaan dengan Kimia Dasar

Dengan melakukan praktik kima dara cocok untuk yang memahami konsep materi dengan cara praktik langsung bukan hanya dengan teori. Namun percobaan kimia perlu pendampingan untuk mencegah hal berbahaya yang tidak boleh terjadi.

  • Melakukan Pemetaan Materi

Akan lebih mudah lagi apabila mempelajarinya dangan berurutan mulai dari paling dasar sampai dengan yang kompleks. Petakan materi pelajaran kimia dari yang paling rendah seperti ilmu kimia, struktur atom, tabel periodik, ikatan ion, ikatan kovalen, sifat unsur, dan seterusnya.

  • Sering Mengerjakan Latihan Soal

Dengan melakukan latihan soal maka akan mempermudah dalam memahami pelajaran kimia. Karena dengan sering latihan soal maka akan terbiasa dengan rumus dan konsep kimia. Sehingga dapat cepat memahami dan hafal dengan rumus serta konsep materi untuk bekal ujian.

Demikian beberapa cara cepat belajar kimia semoga dapat mempermudah dalam memahami materi yang ada di atas serta dapat dengan mudah mengerjakan soal ujian nantinya. (*)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA