by

5 Contoh Pemanfaatan Sabut Kelapa

KOPI, Jakarta – Hidup di wilayah tropis tentunya kita semua tidak asing dengan pohon kelapa, bahkan bukan tidak asing lagi, kita sudah sangat familiar mengingat hampir di setiap tempat ada pohon kelapa.

Pohon yang menjulang tinggi dengan daun-daun yang panjang ini terkenal dengan buahnya yang berisi air yang begitu menyegarkan ketika diminum, namun selain karena buahnya, pohon kelapa juga terkenal oleh hal lain yaitu manfaat setiap bagian pohonnya.

Selain buahnya yang bermanfaat, bagian lain juga tak kalah bermanfaatnya, daun kelapa seringkali diolah menjadi sapu ijuk, bungkus ketupat, besek, dan atap, batang pohonnya seringkali digunakan sebagai jembatan sederhana, dan kemudian sabut kelapa yang seringkali dianggap sebagai limbah pun punya manfaat.

Lalu, apa saja pemanfaatan sabut kelapa?

1. Bahan Dasar Kerajinan

Pemanfaatan sabut kelapa yang satu ini sepertinya sudah banyak yang tahu, yap sebagai bahan dasar pembuatan berbagai macam kerajinan seperti karpet, sapu, lap lantai, boneka, tas, dompet, kasur, matras dan berbagai macam kerajinan lainnya.

Sebelum menjadi bahan dasar pembuatan kerajinan tangan, sabut kelapa terlebih dahulu diolah menjadi serat sabut kelapa, pengolahan sabut kelapa menjadi serat sabut kelapa sendiri biasanya dilakukan dengan manual atau dengan menggunakan mesin pengurai sabut kelapa.

2. Bahan Pembuatan Pupuk Organik

Sabut kelapa memiliki kandungan unsur hara serta mineral yang sangat baik untuk pertumbuhan suatu tanaman, selain itu sabut kelapa juga mampu mencadangkan 60% air lebih banyak dari pupuk organik lain. Oleh karena itulah sabut kelapa sering digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan pupuk organik.

Pemanfaatan sabut kelapa yang satu ini terdengar lumayan asing ya meski ternyata sering juga dilakukan.

3. Pengganti Kayu Bakar

Bagi yang suka atau dulu pernah menggunakan tungku tradisional, tentunya tidak asing dengan pemanfaatan sabut kelapa yang satu ini, yap sebagai bahan pengganti kayu bakar.

Sabut kelapa ini mudah terbakar dan cukup tahan lama bila dibandingkan dengan kayu bakar, meski tidak setahan lama kayu bakar, sabut kelapa tetap sering digunakan karena mudah mendapatkannya dalam jumlah yang banyak.

4. Bahan Pembuatan Alat Penyaring Air Sederhana

Karena strukturnya yang berserat, sabut kelapa seringkali digunakan sebagai komponen pembuatan alat penyaring air bersamaan dengan pasir, kerikil, dan berbagai komponen lainnya. Namun, sebelum digunakan untuk membuat alat penyaring air, sabut kelapa perlu terlebih dahulu dibersihkan dari kulit arinya.

5. Sebagai Media Tanam

Pada saat sabut kelapa diuraikan menjadi serat sabut kelapa menggunakan mesin sabut kelapa, sabut kelapa juga akan menghasilkan produk sampingan yang bernama cocopeat, fungsi awal cocopeat sendiri saat belum dipisahkan dari serat sabut kelapa adalah sebagai filler atau pengikat serat sabut kelapa satu dengan serat sabut kelapa yang lain.

Nah, ketika sudah dipisahkan dari seratnya, cocopeat ini bisa dimanfaatkan menjadi media tanam pembibitan.

Penutup

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa contoh pemanfaatan sabut kelapa yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan bisa sedikit menambah wawasan Anda.

Sekian dan terimakasih telah menyempatkan waktunya untuk membaca artikel ini, sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA