by

Cara Membuat Jajanan Papeda Sendiri di Rumah, Jajanan Lezat dan Terkenal dari Papua

KOPI, Jayapura – Papeda merupakan makanan khas Papua yang terbuat dari bahan makanan pokok masyarakat Papua yaitu sagu, di Papua sendiri Papeda seringkali dijadikan makanan utama dan disajikan bersama ikan kuah atau lauk lainnya karena rasanya yang tawar.

Namun, di daerah selain Papua khususnya di Jawa dan sekitarnya, Papeda sendiri tidak terkenal sebagai makanan pokok atau makanan utama melainkan terkenal sebagai jajanan anak-anak atau jajanan sekolahan yang gurih dan lezat.

Kepopuleran Papeda sebagai jajanan anak-anak atau jajanan sekolahan sendiri tentunya tidak terlepas dari kreativitas abang-abang penjual jajanan Papeda dimana papeda yang awalnya merupakan makanan pokok yang rasanya tawar diubah menjadi jajanan anak-anak yang gurih.

Awal munculnya Papeda sebagai jajanan sendiri sudah cukup lama, mungkin kurang lebih sudah ada 5 tahun lebih Papeda ini eksis sebagai makanan yang digandrungi oleh anak-anak. Sebelum populer sebagai jajanan, sebenarnya Papeda sudah cukup terkenal karena teksturnya yang unik, dikutip dari Kuliner Asik tekstur Papeda asli (sebelum dimodifikasi menjadi jajanan yang kebanyakan kenal) sendiri kenyal dan lengket seperti lem dikarenakan bahannya hanya tepung sagu saja tanpa dicampur tepung lainnya.

Karena sudah lamanya jajanan tersebut eksis, mungkin Anda yang dulu sering membeli jajanan ini di abang-abang kini sudah besar dan ingin mencoba mengkonsumsi lagi makanan tersebut, tapi meski ingin mencobanya lagi, tak jarang juga yang malu membelinya di abang-abang Papeda karena “sudah bukan umurnya lagi”.

Tapi tenang saja, Anda masih bisa menikmati Papeda ala abang-abang yang biasanya dulu Anda beli sewaktu masih di masa-masa sekolah kok.

Bagaimana caranya bro?

Tentu saja caranya adalah dengan Anda membuatnya sendiri di rumah, eits tenang saja, membuat Papeda ini tidaklah susah dan ribet kok, bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan tidaklah banyak dan semuanya mudah di dapatkan.

Penasaran bagaimana cara membuatnya? Simak di tutorial berikut ini.

Cara Membuat Jajanan Papeda

Alat & Bahan :

  • Teflon
  • Tusuk sate
  • Margarin secukupnya
  • 300 ml air
  • 6 sdm tepung sagu
  • 3 sdm tepung beras
  • 2 butir telur ayam
  • Garam secukupnya
  • Roy*o rasa ayam secukupnya
  • Saus sambal (opsional)
  • Cabe bubuk (opsional)

Langkah-langkah :

  1. Campur tepung sagu, tepung beras, dan air lalu tambahkan Roy*o rasa ayam dan garam secukupnya, aduk hingga adonan tercampur
  2. Kocok 2 butir telur ayam yang sebelumnya telah Anda siapkan
  3. Panaskan teflon dan olesi dengan margarin secukupnya (note: jangan gunakan api besar-besar)
  4. Masukkan 1 sdm telur ayam kocok ke atas teflon, lalu masukkan 1 sendok sayur adonan tepung yang sebelumnya Anda buat, ratakan adonan seisi teflon
  5. Tunggu hingga adonan mulai mengering, jika sudah mulai mengering Anda bisa menambahkan saus sambal atau cabe bubuk (opsional, intinya tambahkan sesuatu agar Papeda Anda terasa gurih)
  6. Jika sudah matang, gulung Papeda dengan tusuk sate
  7. Selesai, Papeda siap disajikan.

Itu dia resep Papeda simpel yang bisa Anda buat sendiri di rumah, sangat mudah dan simpel bukan?

Penutup

Demikian tutorial cara membuat jajanan Papeda yang bisa saya sampaikan, resep di atas saya buat berdasarkan beberapa sumber di internet dan ingatan saya terhadap rasa khas dari Papeda yang dulu biasa saya beli di abang-abang penjual jajanan Papeda, jadi jika rasanya kurang pas Anda bisa memodifikasinya untuk menyesuaikan rasanya.

Sekian dan mohon maaf apabila ada kesalahan penulisan atau kesalahan lainnya pada artikel ini.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA