by

Review PES 2021 Game Sepakbola Terbaru Harus Kamu Coba!

KOPI, Jakarta – Pro Evolution Soccer (PES) 2021 mungkin merupakan seri terakhir PES buat PlayStation 4 ataupun PS4. Ya, kehadiran PS5 telah tentu hendak membuat Konami fokus membuat seri PES buat konsol permainan generasi baru itu. Untunglah, download PES 2021 PC berikan kesan yang sangat manis untuk para fans- nya.

Bila dilihat sekilas, PES 2021 tidak terdapat kelainannya dengan PES 2020. Baik menunya ataupun visual dalam permainan dapat dikatakan identik. Konami rasanya cuma memperbarui transfer pemain ataupun desain kostum klubnya cocok dengan nama yang disematkan, ialah Season Update.

Tetapi demikian dikala telah dimainkan, terdapat perbandingan yang lumayan terasa meski tidak sangat signifikan. Game terasa berjalan lebih lelet sehingga pada awal mulanya, gamer bisa jadi merasa frustrasi. Demikian pula dikala mengoper bola wajib lebih hati- hati sebab kemampuan melenceng lebih besar.

Tetapi bila telah sebagian kali memainkannya, barulah gameplay terasa aman serta alami. Malah justru dengan tempo yang lebih lelet, hingga makin menyerupai jalannya pertandingan bola di dunia nyata.

Terlebih pergerakan bola di PES memanglah sangat alami feel- nya. Alur bola baik dikala melakukan umpan mendatar, umpan lambung maupun dikala membebaskan tembakan, betul- betul terkesan sangat nyata.

Pergerakan pemain di PES 2021 juga lebih cocok dengan aksi mereka yang sesungguhnya. Misalnya pemain yang memiliki skil kecepatan tinggi tidak lantas langsung ngebut, tetapi akselerasinya lambat- laun hingga setelah itu optimal.

Konami sendiri mengklaim para pemain bintang memanglah dirancang betul- betul menyerupai kehebatan mereka di lapangan sesungguhnya. Para pemain dengan skill besar bisa menampilkan kehebatannya menghasilkan kekacauan di pertahanan lawan, apalagi walaupun telah dipepet para bek. Sergio Aguero contohnya, bisa mencetak poin mantap walaupun sudut tembak kecil.

Kelebihan lain yang lumayan terasa merupakan para pemain lebih responsif serta kiper lebih jago dibanding seri sebelumnya. Transisi buat menyerang juga terkesan lebih cepat.

Pendek kata, gameplay PES 2021 betul- betul memuaskan, terlebih untuk mereka yang setia memainkan seri ini. Tetapi demikian, pasti sebagian kelemahan tetap ada.

Awal terlebih jika bukan permasalahan klasik lisensi klub yang tidak lengkap, apalagi masih terkesan ala kadarnya. Dalam soal inilah PES senantiasa kalah dari pesaingnya FIFA besutan EA Sports.

Memanglah terdapat lisensi spesial buat sebagian klub tenar ialah Barcelona, Bayern Munchen, Juventus, Manchester United serta Arsenal. Tetapi fans klub lain semacam Liverpool, Inter Milan ataupun AC Milan cuma dapat gigit jari sebab kostum serta nama timnya tidak tampak sesuai aslinya, demikian juga stadionnya.

Setelah itu kalimat komentator di pertandingan betul- betul tidak variatif serta dapat dibilang sama saja di seluruh pertandingan. Apalagi dibanding dengan edisi PES silam identik, sehingga buat bosan.

Aksi di lapangan juga terdapat sebagian kejanggalan. Terkadang dikala asik memainkan satu pemain, terdapat pemain lain yang membatasi jalan sehingga bertubrukan. Tidak hanya itu, wasit tampaknya lebih sensitif di mana aksi yang kayaknya biasa saja sering kena semprit.

Di sisi lain tidak hanya pergantian gameplay, fashion permainan di PES 2021 tidak banyak berganti. Master League misalnya, mirip dengan tahun silam. Sebaliknya myClub sudah diupdate dengan transfer serta statistik terbaru.

Secara totalitas, PES 2021 ialah permainan bola yang sangat realistis dimainkan dikala ini. Memanglah tidak banyak kelainannya dengan PES 2020 tetapi senantiasa terdapat sebagian kenaikan yang menarik. PES 2021 ialah perpisahan manis untuk PS4 saat sebelum menyambut masa PS5 yang menjanjikan banyak keunggulan.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini