by

8 Game Online Paling Populer di Indonesia

KOPI, Jakarta – Sejak internet bisa diakses menggunakan ponsel, game online semakin berkembang dengan pesat. Game jadinya bisa dimainkan secara online. Realtime bersama dengan pemain-pemain lain di berbagai penjuru dunia. Baik itu dilakukan masing-masing secara perorangan ataupun bersama dengan kelompok.

Kamu yang penasaran dengan macam-macam game online populer di Indonesia, berikut ini beberapa di antaranya. Jika nantinya kamu ingin juga memainkannya, jangan lupa untuk menonton demo game tersebut lebih dulu. Supaya kamu tahu dan bisa membayangkan apa saja yang akan kamu lakukan selama bermain game tersebut.

1. Mobile Legends: Bang Bang

Mobile Legends Bang Bang merupakan game online nomor 1 paling populer di Indonesia. Game yang banyak disebut ML yang juga memiliki sistem MOBA 5 vs 5 ini punya banyak sekali karakter hero-nya. Jadinya, kamu bisa memilih sendiri hero yang paling sesuai denganmu yang role-nya dibutuhkan. Dari mulai hero Mage, hero Fighter, hero Tank, hero Support, hero Assassins, serta hero Marksman. Kesemuanya mempunyai peran masing-masing yang menunjang kemenangan tim.

2. PUBG Mobile

Game online kedua populer di Indonesia adalah PUBG Mobile. Jika ML merupakan jenis game MOBA, nah PUBG Mobile termasuk ke dalam jenis game tembak-tembakan yang berformat battle royale.

Dulunya, game PUBG merupakan game PC. Namun sekarang sudah ada versi mobile-nya. Jadinya popularitasnya meledak sehingga hampir menyamai game Mobile Legend Bang Bang.

PUBG Mobile akan membuatmu memainkan game battle royale yang jumlah squad-nya 4 orang dalam 1 tim.

Hal yang menjadi kekurangan game PUBG Mobile adalah semakin beratnya dijalankan. Sebab game ini terus mengalami peng-upgrade-an. Jadi jika gadget-nya tidak update, dan dimainkan di gadget lama, game pun semakin terasa berat.

3. Garena Free Fire

Game yang satu ini disebut-sebut merupakan pesaing PUBG Mobile. Namanya Garena Free Fire. Format game-nya relatif sama, di mana para pemain datang ke suatu tempat dan lalu saling tembak sehingga akhirnya akan tersisa 1 survivor saja.

Hal yang membuat game ini berbeda dari PUBG Mobile yang kemudian membuatnya masuk ke dalam jajaran game populer di Indonesia adalah spesifikasinya. Sisi grafisnya dan juga pertarungannya cukup memukau. Di samping juga Free Fire atau yang banyak disebut FF ini juga tampilannya lebih sederhana, sehingga permainan dirasa lebih ringan. Jangankan di gadget gaming, di gadget low end pun, game ini tetap asyik dimainkan.

4. Genshin Impact

Genshin Impact juga masuk ke dalam game populer di Indonesia. Dan malah, jadi game RPG terpopuler. Tak hanya di PC, game ini juga hadir dalam bentuk game mobile.

Genshin Impact memiliki sisi grafis yang sangat luar biasa untuk kelas game mobile. Karena hal ini pulalah, akan sangat diperlukan gadget yang bagus supaya permainan bisa sangat memuaskan.

Tak hanya sisi grafisnya saja, pertarungannya juga cukup sengit. Karen faktor butuh gadget yang bagus tadi, jadinya jika dimainkan di ponsel biasa, game ini jadi terasa berat. Dan saking beratnya, game ini sering menjadi tolak ukur bagi sebuah ponsel untuk disebut ponsel kuat atau malah sebaliknya. Dan bahkan, ponsel Asus ROG saja dan juga Xiaomi Blackshark seringkali disindir para reviewer game saat memainkan game Genshin Impact.

5. State Of Survival

Game yang satu ini bertema zombie. Meski banyak yang menyebut tema ini sudah ketinggalan zaman, akan tetapi game State of Survival masuk pengecualian. Ya, sebab game yang membuat pemainnya harus bertahan hidup atau survival ini sangatlah seru dan banyak peminat. Dan bahkan, State Of Survival merupakan game zombie paling populer yang ada di Indonesia.

6. Clash Of Clans (COC)

Awal kemunculannya, game Clash Of Clans (COC) banyak dipandang sebelah mata. Hal ini karena gameplay ini sangat sederhana. Namun setelah dimainkan, ternyata game-nya memiliki strategi yang kompleks. Sehingga pada akhirnya, game ini viral dan lalu populer.

Para gamer yang memainkan game ini bahkan saling berlomba di dalam membuat clan terkuat. Mereka saling serang untuk menjadi clan terbaik.

Tidak cukup sampai di situ, game ini juga banyak diseriusi. Jadinya kini game ini masuk ke dalam salah satu game yang dimainkan di dalam e-sport dan turnamen-turnamen berskala besar.

7. Clash Royale

Banyak yang menyebut Clash Royale merupakan adik dari game COC. Hal ini karena keduanya memiliki banyak kemiripan. Clash Royale juga masuk ke dalam salah satu game terbaik yang juga sangat populer. Bahkan di Google Play Store, game ini mengalahkan tempat kakaknya sebagai game populer dan viral.

Clash Royale merupakan game yang memiliki genre real time strategy. Beberapa waktu yang lalu, game ini juga sempat masuk ke dalam game esport di berbagai tingkatan. Walaupun gamenya hanya saling serang 1 vs 1, namun buat para gamers, game ini cukup menantang.

8. Minecraft

Siapa pun yang gemar main game pasti tahu dengan game Minecraft. Si game kotak-kotak yang punya banyak fitur dan menjadi primadona gamer di setiap umur. Tidak hanya di Indonesia, Minecraft juga disukai para gamer di berbagai belahan dunia.

Hal yang menarik di dalam game ini tentu saja adalah adu kreativitas di dalam mengeksplorasi. Popularitasnya juga tidak pernah mati di berbagai platformnya.

Itu dia beberapa macam game online populer yang ada di Indonesia. Kesemuanya sangat seru dan banyak disuka. Yang manakah game online favorit kamu?

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA