by

Cara Download Game PPSSPP Lewat Android dan Website

KOPI, Subang – Kehadiran game PPSSPP/PSP masih mendapat tempat istimewa di hati para gamers. Game-game tersebut berhasil menghadirkan nostalgia zaman kejayaan mereka. Kabar baiknya, sekarang kamu juga bisa merasakan keseruan bermain game PPSSPP.

Bagaimana caranya? Simak langkah lengkap download game PPSSPP/PSP ISO berikut ini! Selain itu, jangan lewatkan rekomendasi game PPSSPP terbaik yang siap memuaskan hasratmu dalam bermain game seru.

Tahukah Kamu tentang Game PPSSPP/PSP? PPSSPP adalah kependekan dari PlayStation Portable Simulator Suitable for Playing Portably.. Dalam simpelnya, PPSSPP adalah emulator gratis untuk PSP yang dapat digunakan di OS Windows, Linux, iOS, Android, Symbian, dan Blackberry.

Emulator ini dikembangkan oleh Henrik Rydgård, pencipta emulator Dolphin. PPSSPP awalnya dirilis pada tahun 2012 dan memiliki lisensi GNU GPL versi 2. Dengan PPSSPP, para gamers kini bisa memainkan game PSP favorit mereka melalui website atau Android kesayangan.

Dikutip dari situs bmaster23.com dalam game PPSSPP, terdapat format file berupa ISO. ISO merupakan kependekan dari International Organization for Standardization, yaitu format file yang menyimpan disk drive CD atau DVD. Format ini mampu menampung file berukuran besar.

ISO telah lama digunakan sebagai media berbagi file melalui internet. Format ISO pada game PSP memiliki keunggulan kualitas yang tetap baik meskipun disimpan dalam jangka waktu lama, serta kekebalan terhadap virus.

Cara Download Game PPSSPP/PSP ISO di Android

Meskipun kamu dapat menginstal game PPSSPP di PC melalui website, terkadang bermain game akan lebih seru jika dilakukan melalui ponsel pintar. Game PPSSPP tidak hanya bisa diinstal di PC, tetapi juga di ponsel pintar, terutama yang menggunakan sistem operasi Android.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengunduh game PPSSPP/PSP ISO di Android:

  1. Pertama, unduh emulator PPSSPP melalui tautan ini (http://www.ppsspp.org/). Setelah berhasil diunduh, instal dan simpan di folder tertentu untuk kemudahan akses.
  2. Buka aplikasi game PPSSPP yang ada di folder tempat kamu menyimpannya. lalu pilih game kesukaanmu
  3. Untuk mengoptimalkan performa game dan menghindari lag, atur pengaturan berikut ini:
    • Display resolution = Native device resolution
    • Rendering resolution = 2x PSP
    • Hardware transform = On
    • Vertex cache = Off
    • Software skinning = On
    • Lazy texture caching = On
    • Retain changed textures = Off
    • Disable slower effects = On
    • Spline/Bezier curves quality = High
  4. Seperti halnya di PC, kamu juga dapat mengaktifkan FPS untuk meningkatkan performa game. Pilih menu Show FPS Counter, lalu aktifkan opsi FPS.

Ternyata, cara mengunduh game PPSSPP/PSP ISO di Android juga tidaklah sulit. Hanya dengan empat langkah, kamu sudah dapat menikmati game PSP favoritmu melalui ponsel pintar.

Cara Download Game PPSSPP/PSP ISO Melalui Website

Sebelum mengunduh game PPSSPP/PSP ISO melalui website, pastikan PC atau laptopmu memenuhi spesifikasi minimal untuk menginstal emulator ini. Untuk mendownload game PPSSPP dari website, pastikan PC atau laptopmu memiliki processor dual core CPU atau Single Core CPU 2.0GHz.

Selain itu, RAM minimal 2 GB, ruang penyimpanan 5 GB, dan VGA 256MB. Emulator PPSSPP dapat digunakan pada OS Windows XP, Vista, Windows 7/8//8.1/10.

Berikut adalah langkah-langkah rinci untuk mengunduh game PPSSPP/PSP ISO melalui website:

  1. Unduh dan instal PPSSPP untuk Windows melalui tautan ini (http://www.ppsspp.org/). Untuk kemudahan instalasi, letakkan file unduhan game PSP ISO pada folder tertentu.
  2. Buka aplikasi PPSSPP yang sudah terinstal. Cari folder tempat kamu menyimpan game PPSSPP/PSP ISO, lalu pilih game yang ingin kamu mainkan.
  3. Agar performa game PPSSPP lebih optimal, terdapat beberapa pengaturan yang dapat diterapkan. Pilih menu Pengaturan Permainan -> Pengaturan Lainnya. Atur pengaturan sebagai berikut:
    • Rendering resolution: Automatic (1:1)
    • Hardware transform: On
    • Software skinning: On
    • VSync: Off
    • Vertex cache: Off
    • Lazy texture caching (speedup): On
    • Disable slower effect: On
    • Retain changer texture: Off
    • Spline/Bezier curves quality: High
  4. Jika kamu ingin menampilkan FPS (Frame Per Second), pilih menu ‘Show FPS Counter‘ dan aktifkan opsi FPS.

Ternyata, tidak sulit, bukan, untuk mendownload game PPSSPP dan menginstalnya? Hanya dengan empat langkah, kamu sudah bisa mulai memainkan game PSP favoritmu di PC.

Rekomendasi Game PPSSPP/PSP ISO

Mau Download Game PPSSPP PSP ISO yang dapat dimainkan?, perlu diketahui tidak semua game dapat dianggap sebagai yang terbaik. Berikut ini adalah tiga rekomendasi game PPSSPP/PSP ISO terbaik yang pasti akan memberikan pengalaman bermain yang seru:

  • Grand Theft Auto

Bagi pecinta game GTA, Grand Theft Auto: Liberty City Stories wajib dimainkan. Kamu akan terlibat dalam petualangan bersama Antonio Cipriani, seorang gangster terkuat di kota. Game ini mendapatkan rating yang tinggi, termasuk dari situs Metacritic dengan skor 88. Cocok untuk kamu yang menyukai game petualangan.

  • Final Fantasy Tactics

Final Fantasy Tactics: The War of The Lions adalah salah satu rekomendasi terbaik dari game PPSSPP. Game ini merupakan versi remake dari game yang sama yang dirilis pada tahun 1997. Serupa dengan GTA: Liberty City Stories, game ini juga mendapatkan rating 88 dari Metacritic. Bahkan, pada tahun 2007, game ini meraih penghargaan sebagai PSP Game of The Year.

  • Assassin’s Creed

Game ini adalah sekuel dari seri Assassin’s Creed sebelumnya. Alur ceritanya mengikuti perjalanan Altair dari Holy Land ke Cyprus. Tugas utamanya adalah mengantar barang dan melakukan pembunuhan dengan cara yang diam-diam. Serunya game ini tidak kalah dengan seri-seri sebelumnya dalam Assassin’s Creed.

Nah, itulah cara lengkap download game PPSSPP/PSP ISO melalui website dan Android. Jangan lupa untuk mencoba tiga rekomendasi game PSP terbaik yang telah disebutkan. Dengan itu, kamu akan merasakan keseruan bermain game sambil merenungi kenangan dengan game-game klasik PSP, sambil tetap mendapatkan kinerja yang optimal.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera download game PPSSPP favoritmu dan mulailah petualangan seru di dunia virtual! (*)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA