by

Sudah Seminggu, Ratusan Warga Datangi Dinas Koperasi Langkat

KOPI, Langkat – Tidak kurang ada 200 orang per hari mendatangi Kantor Dinas Koperasi Langkat di Stabat. Masyarakat yang datang dari berbagai desa di Langkat ini, hanya untuk mengantarkan berkas permohonan sebagai calon penerima program Bantuan Presiden Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM) atau Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Dengan protokoler  kesehatan, Dinas Koperasi Langkat yang beralamat di Jalan Kartini No.7 Lingkungan Perkantoran Pemerintah Kabupaten Langkat ini, mau tak mau harus melayani masyarakat tersebut. 

Pantauan PEWARTA INDONESIA , Rabu (21/10/2020) beberapa masyarakat yang datang ke Dinas Koperasi Langkat mengatakan, kedatang mereka dikarenakan, dari mereka ada yang tidak tau kalau ada bantuan bagi pelaku usaha yang terdampak Covid-19, bisa bermohon melalui dari Desa/Kelurahan yang sebelumnya sudah di kumpulkan di desa. 

“Justru ini kami datang ke Dinas Koperasi Langkat untuk mendaftarkan. Bagi kami yang belum mengusulkan atau mendaftarkan ke Desa/Kelurahan sebagai pelaku UMKM kami datang kesini. Kedatangan kami hanya bermohon agar bisa mendapatkan program BPUM yang berasal dari Pemerintah Pusat,” ungkapnya warga ketika berada di Dinas Koperasi Langkat. 

“Kami datang ke Dinas Koperasi ini hanya memasukaan permohonan bantuan Program BPUM/UMKM. Kami pelaku usahan kecil tidak mendapat informasi ini sebelumnya di Desa/Kelurahan, dan makanya kami langsung ke Dinas Koperasi,” sebutnya mereka lagi, seraya berharap, Kementrian Koperasi dapat menyalurkan bantuan bagi pelaku UMKM di Langkat yang terdampak Covid-19.

Kepala Dinas Koperasi Langkat Drs T. M. Auzai didampingi beberapa stafnya yang dikonfirmasi terkait kedatangan warga yang memasukkan data berkas pernyataan permohonan BPUM/UMKM mengatakan, intansinya hanya sebatas penerima berkas usulan, dan nantinya data tersebut dikirim ke Kementrian Koperasi di Pusat. 

“Kita hannya hanya meneruskan saja permohonan dari masyarakat UMKM ke pihak Kementrian Koperasi di Pusat. Sebelumnya ada lebih kurang 53.000 berkas yang masuk, dan pada hari ini lebih kurang ada 3.000 berkas, atau di perkirakan sudah masuk berkisar 56.000 berkas permohonan program BPUM,” sebuat T. M. Auzai, seraya mengatakan, kalau tidak salah ada 18.000 orang yang sudah berkasnya keluar dari verifikasi berkas oleh Kemetrian Koperasi di Pusat, dan sat ini lagi proses pencairan melalui  masing-masing Bank BRI di Kecamatan di Kabupaten Langkat. (reza fahlevi).

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA