by

Konsleting Arus Pendek Listrik, Rumah Penarik Becak di Langkat Ludes Terbakar

KOPI, Langkat – Bencana alam kebakaraan terjadi dirumah abang becak, di Dusun III, Desa Serapuh ABC, Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara, Minggu (23/8/2020) sekira pukul 6.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut,  namun harta benda se isi rumah ludes dilahab sijago merah. Korban atas nama Mahmud (59), penarik becak, dan istrinya Siti Hajar (53) pembantu ruham tangga.  

Informasi dirangkum PEWARTA INDONESIA, kebakaran rumah diketahui, oleh sang cucu atas nama Putra (9) pelajar SD Kelas III. Pada saat itu, sang Cucu terbangun lebih dahulu dari sang kakek,  dan melihat ada api dibagian ruangan dapur rumah. Melihat peristiwa itu, lalu membangun sang atok (kakek) ditempat tidur yang sedang tidak enak badan (sakit).

Selanjutnya sang kakek (Mahmud) membawa sang Cucu keluar dari rumah dan berteriak minta tolong. Warga yang datang berusaha memadamkan api dengan air menggunakan peralatan timba, namun tidak berhasil memadamkan api.  

Api begitu cepat merambat se isi rumah, dikarenakan sebagian dinding rumah berukuran 6 MX 10 M terbuat dari tepas bambu (beton separuh).

Mahmud yang dikonfirmasi mengatakan, api berasal dari dapur. Diduga kuat kosleting arus pendek listrik, karena banyak wayar yang bersambung-sambung di bagian dapur rumah. 

“Pagi itu tidak ada aktivitas masak memasak di dapur. Istri saya pagi-pagi sudah keluar bekerja di tempat orang, beserta dua orang anak saya juga kerja. Sementara didalam rumah hanya ada kami berdua, yaitu saya dan Cucu saya, “ungkap Mahmud, dengan mata yang berkaca-kaca. 

Pakaian sebadan yang terselamatkan, beserta 1 unit becak mesin yang berada disebelah luar rumah, dan itu saja yang terselamatkan, bebernya Mahmud, seraya mengatakan surat beharga seperti surat tanah dan izazah anak -anak habis semuanya terbakar.  

Hingga sampai saat ini,  warga setempat sedang melakukan pembersihan rumah dan menggalang dana dari warga untuk membantu korban.

Belum diketahui berapa kerugian material dari peristiwa itu, namun dalam informasi durangkum awak Media ini, tidak kurang kerugian mencapai Rp.60 jutaan. (reza fahlevi)

Foto: Kondisi rumah Mahmud yang ludes terbakar.

This image has an empty alt attribute; its file name is madu_banner_PERSISMA.jpg

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA