by

Daftar Aplikasi Edit Foto di Smartphone

KOPI, Jakarta – Saat ini smartphone memiliki peranan yang cukup vital. Banyak hal bisa Anda lakukan hanya dengan menggunakan smartphone saja. Salah satunya adalah untuk mengedit foto. Ada banyak aplikasi edit foto yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik foto. Penasarankan? Berikut info lengkapnya.

Aplikasi Edit Foto

Untuk tahu apa saja aplikasi edit foto yang bias Anda gunakan, simak informasi yang dikutip dari semua tipe berikut ini.

Adobe Lightroom

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang saat ini banyak dipergunakan agar tampilan fotonya semakin keren. Aplikasi edit foto android yang termasuk ‘keluarga’ adobe ini memiliki fitur yang sama seperti versi desktop. Bedanya, untuk smartphone, ada fitur yang perlu dibeli jika Anda ingin menggunakannya.

VSCO

Ada pula aplikasi edit foto yang bisa Anda install di smartphone Anda dan pergunakan yang bernama VSCO. Aplikasi ini diperkenalkan untuk pertama kalinya di tahun 2011.

Dilengkapi dengan fitur yang cukup lengkap yang bisa digunakan dari gratis hingga berbayar, membuat aplikasi ini populer di kalangan pemula dan profesional. Anda bisa mengedit foto dengan style dan tone yang sesuai dengan gaya Anda, misalnya ala kamera analog.

Snapseed

Aplikasi Snapseed merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengedit foto yang dikembangkan Google. Aplikasi yang tersedia dengan pengaturan bahasa Indonesia ini dilengkapi dengan filter yang cukup lengkap. Setidaknya ada 28 fitur yang bisa Anda gunakan untuk mengedit foto.

Mulai dari hanya untuk mengatur kecerahan dan juga cropping, hingga mengatur filter sesuai dengan gaya tahun 60-an. Jika Anda masih belum memahami penggunaan Snapseed, aplikasi yang bisa diinstal di Android dan iOS ini juga menyediakan video tutorial yang bisa Anda tonton.

Adobe Photoshop Express

Adobe photoshop biasanya digunakan untuk mengedit foto dengan menggunakan komputer. Ada aplikasi photoshop yang tidak hanya dapat diinstal di Android namun juga di iOS. Aplikasi tersebut adalah Adobe Photoshop Express.

Adobe Photoshop Express dilengkapi dengan menggunakan fitur yang cukup lengkap. Anda tidak hanya dapat mengatur tingkat kecerahan foto, namun juga bisa menghilangkan noda hitam dengan blemish-removal. Karena itu, Anda bisa mendapatkan foto yang lebih keren, misalnya foto selfie untuk profil Anda.

Prisma

Ada lagi aplikasi untuk editing foto yang bisa diinstal dan digunakan di Android ataupun di iOS yang bernama Prisma. Aplikasi ini tidak hanya digunakan oleh pemula namun juga professional. Hal tersebut disebabkan karena aplikasi ini memiliki banyak fitur yang bisa dipergunakan.

Anda bisa mengedit foto dengan pengaturan sederhana hingga menerapkan filter yang membuat foto Anda menjadi lebih artistik. Setelah mengedit foto tersebut, Anda bisa juga membagikannya ke platform lain. Mulai dari email hingga media sosial Anda ataupun menyimpannya untuk diri anda sendiri di smartphone.

Photo Lab

Jika Anda hanya ingin mengedit foto secara sederhana dan lebih praktis, Anda bisa menggunakan Photo Lab. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menggabung beberapa foto bahkan efek sehingga membuat foto lebih menarik.

Ada banyak fitur yang bisa Anda manfaatkan. Mulai dari crop hingga memberikan bingkai yang tepat untuk foto pilihan Anda. Salah satu fitur yang cukup terkenal dari aplikasi ini adalah montase. Fitur tersebut memungkinkan Anda untuk melakukan tukar wajah misalnya mencoba untuk tukar wajah antar Anda dengan anak Anda.

Pixlr

Aplikasi Pixlr banyak digunakan untuk mengedit foto dan kemudian diunggah ke media sosial. Anda tidak hanya bisa menambahkan filter, namun juga mengatur overlay dan memberikan border serta tulisan dengan style yang diinginkan. Karena hal tersebut, foto yang diedit menjadi terlihat artistik dan membuat media sosial Anda menarik.

PicsArt

Anda akan mengetahui aplikasi seperti PicsArt sangat cocok untuk digunakan ketika Anda ingin mengedit foto dengan lebih sederhana. Mulai dari rotate, crop, hingga menggabungkan beberapa foto bisa Anda dapatkan.

Aplikasi ini memungkinkan Anda mendapatkan foto dengan dekorasi dan bingkai lucu. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan filter yang tersedia gratis di PicsArt sehingga foto Anda akan menjadi semakin menarik.

Instasize

Aplikasi ini dirancang untuk memberikan update baru setiap bulannya. Dengan begitu, Anda dapat memanfaatkan fitur yang ada di aplikasi agar foto Anda menjadi semakin terlihat segar dan menarik. Fitur yang tersedia, diantaranya adalah color correct, trim, prost process bahkan Anda bisa juga mengedit dan video secara sederhana di aplikasi ini.

PicSay

Aplikasi edit foto tidak selamanya harus menggunakan filter yang estetik namun juga menambahkan unsur lain. Misalnya tulisan, mengubah bentuk foto hingga menambahkan stiker agar foto terlihat lucu seperti di PicSay.

Aplikasi PicSay ini memungkinkan Anda untuk membuat doodle di foto Anda sehingga memberikan efek yang lucu. Selain melakukan doodling, Anda juga bisa melakukan pengeditan lain. Seperti memperbaiki red eye sehingga bagian mata dari foto Anda tidak terlihat merah. Setelah mengedit, Anda bisa langsung membagikannya misalnya ke media sosial.

Cymera

Jika Anda menggunakan android, Anda bisa mencoba untuk mengedit foto dengan menggunakan Cymera. Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap mulai dari editing sederhana seperti crop hingga filter beauty sehingga foto Anda menjadi terlihat lebih cantik.

Photo Grid

Ada satu lagi aplikasi untuk mengedit foto, yaitu Foto Grid. Dibandingkan mengedit foto secara keseluruhan misalnya mengatur tone warna, aplikasi ini cenderung banyak digunakan untuk menggabungkan foto.

Anda juga bisa menggunakan filter, bingkai hingga mengedit gambar dengan rasio tertentu seperti 1:1 untuk diunggah ke media sosial. Agar lebih menarik, Anda juga dapat menambahkan teks di foto yang Anda edit.

Itulah daftar aplikasi edit foto yang bisa Anda install dan gunakan di smartphone Anda agar foto terlihat menarik. Untuk informasi lengkap seputar dunia ponsel, kami memberikan informasi bermanfaat untuk Anda.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA