by

Tema Kajian Muslimah yang Menarik Tentang Menjaga Kehormatan bagi Wanita

KOPI, Jakarta – Sebagai seorang wanita muslimah banyak sekali hal yang perlu untuk dijaga, salah satunya adalah kehormatan. Karena kehormatan wanita juga akan menjaga seluruh keluarga dan lingkungannya. Apalagi jaman sekarang yang sangat rentan bagi wanita untuk tetap dalam keadaan suci dan baik. Maka dari itu, tema kajian muslimah yang menarik kali ini adalah tentang bagaimana wanita tetap menjaga kehormatannya.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan beberapa kajian menarik dalam membahas wanita muslimah, Anda dapat menemukan berbagai macam tema yang menarik untuk kajian muslimah bermanfaat untuk menjadi wanita muslimah yang baik di jaman modern ini dengan selalu menggunakan sumber informasi bermanfaat dari kami.

Tema Kajian Muslimah Untuk Menjaga Kehormatan Diri

Sebagai seorang muslimah yang berakhlak dan taat terhadap ajaran agama, tentu saja perlu mengetahui apa saja yang perlu dipahami dalam menjaga kehormatan diri. Sangat fatal sekali bagi seorang wanita muslimah jika tidak mengerti masalah kehormatan diri. Berikut ini adalah poin penting yang harus dipahami sebagai muslimah untuk menjunjung tinggi kehormatan diri.

1. Wanita Tidak Sama dengan Laki-Laki

Allah SWT menciptakan manusia dalam dua bentuk yaitu laki-laki dan perempuan. Di mata-Nya, posisi keduanya adalah sama dalam masalah ibadah. Namun, tetap ada beberapa hal yang berbeda akan tetapi tidak terlalu banyak.

Allah SWT menciptakan perbedaan yang sangat nyata antara wanita dan pria, termasuk dari bentuk tubuh, suara dan anggota tubuh lainnya. Dengan adanya perbedaan ini, Allah SWT memberikan perintah syar’i yang berbeda antara wanita dan pria. Perbedaan ini sendiri dikhususkan dari bentuk dasar, kemampuan dan keahlian masing-masing.

Dari perbedaan ini, maka bagi Anda yang merupakan wanita muslimah taat terhadap ajaran-Nya pahami bahwa setiap perbedaan mempunyai hikmah dan juga berkah tersendiri. Dengan memahami perbedaan ini, diharapkan sebagai muslimah untuk mengerti porsi masing-masing dalam kehidupan.

2. Jaga Kehormatan dengan Selalu Berhijab

Tema kajian muslimah yang menarik dalam masalah kehormatan, berhijab dan menggunakan pakaian syar’i adalah kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan. Allah SWT sendiri memerintahkan wanita untuk selalu menutup aurat dan haram baginya untuk mempertontonkan bagian tubuh yang selain wajah dan telapak tangan.

Berhijab sendiri merupakan cara menjaga kehormatan yang memang sudah diberikan oleh Yang Maha Kuasa, agar wanita muslimah tetap menjaga kesucian diri serta menjauhkannya dari dosa. Tidak hanya itu saja, dengan berhijab pun Anda akan menjaga malu dan menjadi tanda menjaga kesucian. Jadi, Anda yang memang wanita muslimah tidak ada alasan lagi untuk tidak berhijab.

3. Rumah Tempat yang Harus Dijaga

Tema kajian muslimah yang menarik dalam menjaga kehormatan ini sendiri menekankan kepada Anda untuk selalu kembali ke rumah. Tetap berada di rumah merupakan perintah dari Allah SWT yang harus dijalankan. Dengan adanya perintah ini, maka ada beberapa perintah wajib yang ditiadakan, seperti kewajiban menjalankan shalat Jum’at, menunaikan ibadah haji dengan mahramnya, serta tidak wajib untuk berjihad.

Dari pemahaman ini, ada baiknya sebagai wanita muslimah tidak keluar rumah jika memang tidak ada keperluan dan darurat. Jagalah kehormatan Anda untuk tidak keluar rumah dan berhias untuk menarik lelaki. Dengan menjalankan hal ini, maka Anda sudah dapat menjadi seorang wanita muslimah terhormat dan syariat yang ada.

Tiga poin yang masuk dalam tema kajian wanita muslimah yang menjaga kehormatan di atas memang sangat menarik sekali untuk dibahas. Apalagi dengan perkembangan jaman pada saat ini, banyak wanita yang sudah melupakan jati dirinya dan tidak peduli tentang kehormatan wanita dalam Islam.

Cara Menjadi Muslimah yang Menjaga Kehormatan dan Cerdas di Era Modern

Tentu saja dengan perkembangan jaman seperti sekarang, sebagai wanita muslimah harus dapat beradaptasi tanpa harus meninggalkan ajaran agama Islam. Adapun cara yang dapat Anda ikuti untuk menjadi muslimah yang menjaga kehormatan dan cerdas di era ini. Berikut ini ulasan selengkapnya yang dikutip dari Lisa Nur Aeni.

1. Selalu Menambah Wawasan

Sebagai wanita yang perlu menjaga kehormatan, Anda harus selalu menambah wawasan. Ilmu merupakan salah satu kunci penting untuk menjadi bekal di masa depan. Wawasan yang Anda dapatkan akan diwariskan kepada keturunan. Dengan menjadi orang yang berilmu, maka kehormatan pun dapat Anda jaga hingga kapanpun.

2. Berkumpul dengan Orang Penuh Ilmu

Untuk dapat menambah wawasan, Anda dapat memperolehnya dari mana saja. Salah satunya adalah dengan berkumpul dengan orang yang mempunyai ilmu. Dengan mempelajari dari ahli, Anda akan mendapatkan ilmu baru yang bermanfaat untuk diri sendiri, keturunan dan lingkungan sekitar. Maka dari itu, perlunya berkumpul dengan orang berilmu biar Anda bisa banyak belajar bersama mereka.

3. Menghargai Pendapat Orang Lain

Setiap orang sudah pasti mempunyai pandangan dan pendapat yang berbeda dengan Anda. Sebagai seorang wanita muslimah yang menjaga kehormatan, maka Anda perlu menghargai pendapat orang lain. Walaupun berbeda pendapat bukan berarti salah, hanya saja pengalaman yang dirasakan tentu berbeda. Maka dari itu, menghargai pendapat sangatlah penting agar Anda dapat beradaptasi di era modern ini.

Menjadi seorang muslimah yang menjaga kehormatan memang tidaklah mudah, namun sebagai muslimah tentu saja harus selalu memperbaiki diri sendiri. Dari tema kajian muslimah yang menarik, Anda dapat menarik kesimpulan bahwa sebagai wanita muslimah menjaga kehormatan merupakan ajaran syar’i yang harus dijalankan. Jika Anda ingin mendapatkan tema kajian muslimah lainnya, maka kami siap memberi informasi bermanfaat khusus untuk Anda.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA