by

Produksi Gerabah Kasongan yang Tidak Lekang oleh Zaman

Ubin terakota dibentuk sedemikian rupa dengan ketebalan yang direkomendasikan oleh perajinnya. Hal ini dipengaruhi apabila terlalu tebal waktu pembakaran tidak terlalu matang, namun bila terlalu tipis akan menyebabkan ubin akan rentan melengkung.

  • Perlengkapan Dapur

Perajin di Desa Kasongan tidak hanya didominasi oleh pria melainkan ada perajin wanita yang lebih tahu untuk urusan dapur. Pada awalnya gerabah memang dimanfaatkan untuk keperluan alat-alat dapur seperti tungku, kuali, piring, mangkok dan sebagainya.

Fungsi gerabah yang diolah menjadi alat-alat dapur tidak berhenti di tengah zaman. Sampai saat ini masih ada perajin memanfaatkannya untuk kebutuhan rumah tangga tersebut. Maka, tidak heran bila ada yang menjualnya secara online selain memasarkan produknya di depan rumah.

Perabotan dapur yang berasal dari Desa Bangunjiwo memiliki nilai seni dan kental dengan unsur budaya Jawa. Maka tidak heran produksi gerabah Kasongan mampu menarik minat wisatawan dalam maupun luar negeri ketika berkunjung ke daerah wisata tersebut.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA