by

Produksi Gerabah Kasongan yang Tidak Lekang oleh Zaman

  • Celengan

Variasi bentuk lain dari pelatihan gerabah Kasongan adalah dalam pembuatan celengan. Wadah yang dapat digunakan untuk menabung uang receh dan kertas ini ternyata memiliki nilai seni tinggi. Seni keramik pada celengan dapat dihias lewat dekorasi unik dan menarik.

Celengan yang dibentuk oleh perajin biasanya terinspirasi dari lingkungan sekitar, misalnya bentuk hewan ternak, buah-buahan, kendi dan lain-lain sebagaimana kreativitas yang dituangkan oleh ahlinya. Semakin rumit ornamen, maka semakin tinggi pula harga barang tersebut.

  • Atap Rumah

Ada saja kreativitas perajin dari Desa Kasongan yang mampu mengeksplor kegunaan gerabah hingga merambah pada kontruksi bangunan. Salah satunya adalah Sarijo sarjana muda lulusan Universitas Negeri Yogyakarta.

Sarijo dengan bekal pendidikannya di Perguruan Tinggi membuat sebuah rancangan baru, dengan konsep unik dan menarik. Fokus usaha gerabahnya lebih kearah bangunan terutama untuk atap bangunan biasa disebut wuwungan.

Wuwungan yang dikerjakan oleh Sarijo memiliki detail rumit dan memiliki ciri khas tersendiri. Dirancang dengan teliti untuk menghiasi atap rumah pemesannya. Bisa dibayangkan betapa cerdiknya lulusan Sarjana ini dalam memanfaatkan usaha gerabah.

  • Ubin Terakota

Seni kerajinan gerabah Kasongan dari segi bangunan juga merambah melalui ubin terakota. Bagian paling bawah dari konstruksi ini, turut dimanfaatkan perajin untuk unjuk kreativitas dalam menyuguhkan keramik indah, natural dan unik bentuknya.

Madu Baduy (https://www.tokopedia.com/madubaduy)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA