by

Produksi Gerabah Kasongan yang Tidak Lekang oleh Zaman

Kelihaian Sohikromo dalam membuat seni rupa tiga dimensi tersebut semakin terasah, kala seorang tentara Belanda memintanya membuat patung potret diri lengkap dengan detail yang ada pada perawakan pemesannya tersebut.

Zaman semakin berkembang, lalu muncul para pengrajin lain dengan membentuk gerabah Kasongan sesuai dengan objek yang diminta pemesannya atau berasal dari kreativitas mereka sendiri. Maka, tidak heran di zaman modern ini beragam rupa patung menghiasi daerah wisata Desa Bangunjiwo

  • Pot Tanaman

Wadah yang dibutuhkan untuk menanam tanaman juga dapat dibentuk dari gerabah Kasongan. Pot memang terlihat tampak sederhana. Namun, ketika memiliki sebuah seni di dalamnya tentu akan bernilai jual tinggi.

Pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII hingga ke IX, pot tanaman memiliki banyak peminat termasuk pemimpin Keraton Yogyakarta tersebut demi memperindah taman-taman yang ada di sekelilingnya.

Pot tanaman yang berasal dari gerabah Kasongan pada masa kini sudah semakin bervariasi bentuk dan coraknya. Dalam memenuhi kebutuhan pemesan, para pengrajin biasanya membuat wadah tanaman tersebut dengan warna atau lukisan yang indah.

Bawang Tunggal Madu (https://www.tokopedia.com/madubaduy)
______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA