by

Sepetak Kebun Radiasi di Serpong

Dari mana ceceran Cs-137 beradiasi tinggi itu? Yang jelas, bukan dari bocoran reaktor nuklir yang berjarak 5 km dari perumahan Batan Indah. Jadi, sangat mungkin ada pihak yang sengaja membuang limbah radioaktif di lokasi tersebut.

Tapi modusnya apa? Bisa terkait dengan kesejahteraan. Atau kecewa dengan Batan. Lalu sengaja membuat teror yang menakutkan warga perumahan? Tapi juga bisa dari orang luar yang kecewa pada institusi Batan atau pribadi. Banyak kemungkinan. Kita berharap polisi bisa mengusutnya tuntas.

Cs-137 harganya mahal. Membuang limbahnya pun mahal dan harus tercatat. Hanya Pusat Teknologi Pengelolaan Limbah Radioaktif (PTPLR) Batan, yang mempunyai otoritas terkait hal tersebut.

Temuan kontaminasi radiasi Cs-137 di Perum Batan Indah oleh Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) merupakan prestasi luar biasa. Salut untuk BAPETEN. Semakin tinggi komitmen BAPETEN dalam mengawasi dan mengamankan penggunaan bahan radioaktif di Indonesia, membuat publik yakin terhadap keselamatan dan keamanan nuklir di negeri tercinta.

Lalu apa tindakan yang tepat untuk membersihkan kontaminasi radiasi itu? Clean Up!! Kegiatan ini sudah dilakukan oleh Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) dan BAPETEN. Mengeruk tanah dan mengirimnya ke PTPLR, Batan. Kemudian dikelola dan disimpan di tempat yang aman. Lokus akan bersih dalam jangka waktu maksimal 20 hari.

Unsur radionuklida Cs-137 memang paling banyak dipakai untuk industri. Cs-137 naturally ada di alam. Jumlahnya kecil. Karena itu, Cs-137 dibuat juga melalui pembelahan Uranium. Yang ini, hanya bisa dibuat di reaktor nuklir.

Kegunaan Cs-137 sangat banyak. Selain sebagai sumber radiasi untuk mengkalibrasi alat surveimeter, juga untuk membunuh sel-sel kanker. Karena itu, Cs-137 bernilai jual tinggi. Lantaran itu, Cs-137 jadi incaran pencuri, tanpa mempertimbangkan keselamatan orang lain.

Cs-137 mencair pada suhu 28 Celsius. Ia mudah larut dalam air. Kemungkinan migrasi dari air tanah ke tubuh manusia, ataupun ke pohon buah sangat tinggi. Ini karena Cs-137 yang memancarkan radiasi, berbentuk atomic. Sangat sangat kecil.

Jika Cs-137 termakan, ia hanya singgah sebentar dalam tubuh. Lalu keluar lagi bersama air seni.

Bawang Tunggal Madu (https://www.tokopedia.com/madubaduy)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA