by

Sepetak Kebun Radiasi di Serpong

Dr. Geni Rina Sunaryo, Alumnus Tokyo University/Peneliti Senior Batan

KOPI, Jakarta – Sepetak kebun di sebuah sudut Perumahan Batan Indah Serpong bikin geger jagat. Karena di kebun itu paparan radiasinya sangat tinggi: 149 uSv/jam. Jika batas ambang paparan radiasi untuk manusia 0,03 uSv/jam, berarti tingkat radiasi di kebun itu mencapai 5000 kalinya. Luar biasa.

Radiasi itu berasal dari radio isototop Cesium-137. Atau Cs-137. Sebuah unsur kimia yg memancarkan radiasi sinar gamma (gamma ray, G-ray). G-ray adalah radiasi elektromagnetik yang kuat dan mampu menembus materi dengan ketebalan tertentu. Itulah sebabnya, G-ray sangat berbahaya. Tapi juga bermanfaat untuk membunuh organisme berbahaya, mematikan sel-sel kanker, memutasikan gen (pembuatan bibit unggul) dan merubah struktur molekul suatu zat (memperbaiki kualitas kayu).

Yang jadi pertanyaan, kenapa ada radiasi tinggi di kebun perumahan Batan Indah? Sebuah pertanyaan yang harus dijawab tuntas aparat keamanan. Sebab kondisi ini — apalagi sampai 5000 kali batas aman — sangat berbahaya. Bahkan bisa menjadi teror untuk publik.

Ya, kasusnya sekarang di Batan Indah, Serpong, Tangsel. Bayangkan kalau radiasi tinggi itu di Monas. Berapa juta orang yang akan terkena radiasi tinggi sinar gamma? Dengan umur paruh 30 tahun (baca: 30 tahun lagi tingkat radiasi itu masih separuhnya) — radiasi itu akan sangat riskan karena bisa membunuh manusia pelan-pelan.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA