by

Ciptakan Rasa Aman, Satgas Yonif 310/KK Komunikasi Sosial dengan Warga Pegunungan Bintang

KOPI, Pegunungan Bintang – Satgas Pamtas Statis Yonif 310/KK lakukan komunikasi sosial dengan warga untuk menciptakan rasa aman di Kampung Oknanggul Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan, Jumat (11/8/23). Kiwirok adalah sebuah Distrik di Kabupaten Pegunungan Bintang Provinsi Papua Pegunungan.

Distrik Kiwirok terdiri dari 12 kampung di antaranya Kampung Apom, Kampung Pomding, Kampung Oknanggul, Kampung Asua, Kampung Kukihil, Kampung Mangoldoki, Kampung Sopamikma, Kampung Delpem, Kampung Lolim, Kampung Diip dan Kampung Kiwi. Akses menuju Distrik Kiwirok saat ini hanya bisa ditempuh melalui jalur udara dengan jadwal yang tidak menentu dan sesekali saja.

Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal menegaskan dengan “Komunikasi Sosial” (Komsos) akan dapat diperoleh terkait data geografi, demografi dan kondisi sosial, dan akan mendapatkan informasi yang aktual tentang situasi dan kondisi serta permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat, sehingga kita akan dapat mengambil langkah-langkah dalam penyelesaian bersama aparatur lainnya, atau jika permasalahan itu dianggap berat maka akan dengan cepat dapat melaporkan kepada Satuan Atas.

Selain itu, Danpos Lettu Inf Pipik Taufik sekaligus menjabat sebagai Komandan Kompi 3 yang langsung turun di lapangan menyampaikan bahwa kegiatan komsos ini bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat sekitar, dan kegiatan ini pula kami berharap kita bisa bekerja sama dalam menjaga keamanan wilayah dan dapat membantu saudara kita yang mengalami kesusahan. “Mereka sangat senang dengan kehadiran kita di sini, terbukti bahwa warga dengan sukarela memberikan sayur mayur untuk kebutuhan selama di pos,” ujar Lettu Inf Pipik.

Ruben Uopmabin (70) selaku Ondo Afi (Kepala Suku) di Distrik Kiwirok menyambut hangat kehadiran TNI di wilayahnya, ia berterima kasih dengan segala bantuan yang sudah dilakukan personil Satgas. “Saya mewakili warga mengucapkan terima kasih kepada Bapak TNI, kami telah dibantu dengan pengobatan kepada warga yang sudah dilakukan di pos (Satgas Pamtas) selama ini,” ujarnya.

Di sisi lain, kegiatan ini merupakan implementasi dari Perintah Harian Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurrachman ke-5 yaitu “TNI AD harus hadir di tengah kesulitan masyarakat dan senantiasa menjadi solusi”. (Pen Satgas Pamtas Yonif 310/KK)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA