by

Fungsi Asam Amino yang Sebaiknya Diketahui

KOPI, Jakarta – Anda memiliki balita? Sebaiknya berikan anak Anda asupan gizi yang cukup. Contohnya adalah asam amino. Soalnya manfaat asam amino sangat banyak buat tubuh.

Salah satunya adalah mencerdaskan otak. Sebagaimana diketahui, otak bekerja harus dengan rangsangan. Rangsangan berpikir biasanya neurotransmitter. Semakin baik kinerja zat tersebut, kecepatan berpikir makin cepat. Adapun zat ini diperoleh dari asam amino.

Fungsi Asam Amino untuk Balita

Fungsi asam amino adalah mencerdaskan otak. Selain itu, zat satu ini juga memiliki kegunaan untuk tubuh. Asalkan mengonsumsi secara rutin, tapi tidak berlebihan. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

  1. Mengatasi Hidrasi Berlebih

Saat makanan masuk ke dalam usus besar, ada air yang ikut terserap pula. Jika jumlahnya besar, maka berbahaya bagi tubuh. Berkat asam amino, penyerapan air dibatasi semaksimal mungkin. Hasilnya orang tidak mengalami dehidrasi.

  • Tidak menimbulkan alergi

Asam amino adalah protein sederhana. Oleh karena itu, tubuh mudah dalam mencernanya. Tentu tidak akan menimbulkan alergi kepada orang yang memakannya. Zat satu ini pun dapat menghambat proses timbulnya alergi.

  • Detoksifikasi Tubuh

Asam amino mampu mengeluarkan racun dalam tubuh.  Berkat kemampuan ini, hati tidak akan bekerja keras. Daya tubuh semakin meningkat. Risiko terkena penyakit berbahaya dapat tercegah dengan baik.

  • Menambah Stamina

Seorang balita biasanya memiliki rasa penasaran tinggi. Mereka mau mengeksplorasi segala hal dalam hidupnya. Eksplorasi tersebut membutuhkan tenaga tinggi. Oleh karenanya, berikan makanan yang berfungsi untuk menambah stamina.

  • Imunitas

Di bandingkan orang dewasa, sistem imunitas tubuh balita belum terbentuk. Itu membuat mereka rentan terkena penyakit berbahaya. Sebagai orang tua, kasih minuman atau makanan yang kaya akan asam amino. Zat ini didapatkan dari susu atau daging.

Balita merupakan salah satu periode manisa. Pada masa ini, manusia cenderung mencari segala hal baru dalam hidupnya. Oleh karena itu, orang tua harus memberikan susu kepada balita. Karena pada minuman ini terdapat asam amino. Fungsi asam amino sendiri berguna buat tubuh. (*)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA