by

Makna Cincin Pernikahan yang Paling Dalam

KOPI, Jakarta – Pada umumnya, cincin kawin merupakan benda yang telah menjadi simbol ikatan suci. Tidak hanya melambangkan pernikahan saja. akan tetapi, masih ada makna cincin pernikahan lain yang perlu Anda ketahui artinya. Makna tersbeut menyimpan banyak suatu filosofi yang sangat berharga.

Makna Cincin Pernikahan

Tidak akan lengkap, jikalau pernikahan tidak bertukar cincin. Walaupun dalam Islam tidak menganjurkannya, akan tetapi prosesi pertukaran cincin ini telah mendunia dan telah masyarakat terapkan sampai sekarang ini. Tahukah Anda, bahwa cincin in memiliki makna? Simak berikut ini:

Salah satu makna dari cincin pernikahan yang disebutkan salah satu toko yang jual cincin nikah di Jogja yaitu sebagai bentuk untuk saling mengikat satu sama lain. Mengingat pernikahan sendiri merupakan suatu acara sakral, di mana Anda dan pasangan telah berjanji untuk setia sehidup semati. Sampai akhir hayat akan tetap selalu bersama.

Jadi, cincin pernikahan di sini melambangkan sebagai keterikatan sehidup semati. Janji yang harus ditepati untuk selalu setia kepada pasangannya. Itulah mengapa sekarang ini banyak yang beranggapan, jika sampai melepas cincin. Itu berarti ikatan pernikahan juga terputus alias bercerai.

  • Memiliki Makna Kejayaan serta Kekuatan

Di zaman dahulu, cincin merupakan salah satu perhiasan yang terbilang sangat mewah dan bahan pembuatannya terbuat dari material berharga mahal. Itulah mengapa hanya orang – orang tertentu saja yang bisa memakainya. Termasuk orang yang memiliki kedudukan tinggi atau paling atas.

Ketika cincin telah berubah menjadi simbol dari suatu ikatan suci pernikahan seperti sekarang. Maknanya ikut berubah, menurut informasinya cincin pernikahan bermakna sebagai pencapaian kejayaan maupun kekuatan yang dilakuka oleh kedua orang. Merekalah yang saling mengarungi kehidupan pernikahan.

  • Bermakna Saling Melengkapi Satu Sama Lain

Dengan bentukan yang bulat atau lingkaran, tanpa akhir dan juga awal. Cincin seringkali orang anggap memiliki makna tertentu yang cukup menarik, seperti menggambarkan tentang kehidupan manusia sesungguhnya yang terus berputar layaknya roda. Hal tersebut memang benar adanya.

Mengingat kehidupan memang selalu terus berputar layaknya roda, ada kelahiran, kematian, rasa sedih yang mendalam sampai dengan rasa bahagia pun juga ada. Di dalam cincin pernikahan ini, memiliki makna sebagai kesatuan hidup. Artinya pasangan akan hidup untuk saling melegkapi.

  • Bukti Tanda Cinta Tiada Akhir

Selain itu, makna dari cincin pernikahan ini adalah sebagai tanda bukti cinta yang tiada akhir. Mengingat cincin kawin sebenarnya juga sebagai simbol kesatuan antara kedua insan yang telah bersatu dalam ikatan suci pernikahan. Jadi, cincin ini selayaknya tidak boleh sampai terlepas.

Mereka yang menggunakan cincin pernikahannya, sudah pasti menunjukkan status bahwa dirinya sudah sah sebagai orang yang telah menikah. Bahkan banyak orang yang telah memercayai, bahwa cincin kawin tersebut mempunyai daya tariknya sendiri. Seperti pembawa keberuntungan / kemenangan.

  • Bermakna dari Jari Langsung ke Hati

Di zaman dahulu, tepatnya anggapan dari orang Mesir dan juga Romawi. Mereka meyakini, bahwa pembuluh darah dari jari urutan keempat langsung mengarah ke bagian jantung manusia. Dari situlah mereka memutuskan, jari manis yang seringkali dikenakan cincin adalah jari tepat untuk cincin kawin.

Walaupun pada akhirnya banyak yang membantah teori tersebut, akan tetapi orang yang ada di zaman modern masih menganut kepercaya Mesir dan juga Romawi secara umum. Apalagi sekarang ini telah banyak pasangan yang mengenakan cincin pernikahannya tepat pada bagian jari manis.

  • Bermakna Adanya Kekuatan Cinta yang Abadi

Cincin kawin yang biasanya terbuat dari bahan logam mulia ini, telah banyak orang percayai sebagai bahan yang sangat tahan lama dan juga dapat bertahan selamanya. Layaknya janji kedua pasangan yang telah mengikat janji suci pernikahan. Apalagi logam tersebut juga memiliki makna tertentu.

Pada umumnya, logam pada cincin kawin ini memiliki lambang ketahanan pasangan yang telah menjalani ikatan janji suci pernikahan. Hal tersebut berkaitan erat dengan ketahanan terhadap kehidupan berumah tangga. Walaupun banyak sekali rintangan, pernikahan akan tetap utuh selalu.

  • Cincin yang Bermakna Saling Menaati

Janji pernikahan itu tidak hanya berjanji untuk saling menjaga sehidup semati, akan tetap juga menuntut kesetiaan terhadap kedua pasangan dan juga saling menaati. Itu karena, cincin pernikahan sendiri seringkali digunakan sebagai salah satu tanda bahwa pasangan selalu saling menaati.

Bahkan berjanji untuk tidak akan pernah mengingkari / mengkhianati janji dari ikatan suci pernikahan mereka. Ketika kedua pasangan berjanji untuk saling menaati, maka kehidupan pernikahannya pun layaknya cincin pernikahan yang berbentuk bulat tanpa adanya awal dan juga tanpa ada akhir.

  • Kekompakan dari Kedua Pasangan

Selain itu, cincin pernikahan juga memiliki makna lainnya. Seperti adanya kekompakan antara kedua insan yang telah mengikatkan janji suci pada pernikahan. Mengingat kedua cincin pasangan mempunyai desain dan juga model yang selalu sama. Jadi, bisa dikatakan mereka adalah kompak.

Kompak bukan hanya dalam sebuah status saja (kesamaan cincin pernikahan). Akan tetapi, juga kompak dalam menjalani kehidupan berumah tangga. Dalam artian, mereka kompak atau saling bekerja sama agar selalu bahagia, menghadapi rintangan bersama dan mencari solusi bersama juga.

  • Mengingatkan Pasangan

Tidak hanya itu, cincin pernikahan ini juga menjadi sebuah pengingat. Di mana seseorang yang telah mengenakan cincin di jari manisnya, itu berarti mereka sudah menjalani sebuah janji atau ikatan suci pada sebuah pernikahan.

Pengingat lainnya adalah bagi pasangan sendiri, mengingat kedua pasangan akan menukarkan cincinnya satu sama lain yang artinya mereka telah berjanji satu sama lain pula. Agar tetap selalu menjaga dan menjadi yang terbaik serta selalu memberi dukungan atas apa pun.

Berbicara mengenai makna cincin pernikahan, Anda bisa mendapatkan cincin kawin dengan kualitas terbaik di LaTahzan Jewelry di Jogja. Bahkan setiap customer bisa melakukan custom terhadap cincin mereka sendiri.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA