by

Buku Tahunan Sekolah? Lihat Ini Sebelum Membuatnya !

KOPI, Nganjuk – Buku tahunan sekolah adalah buku yang digunakan untuk mengenang masa – masa lalu ketika sekolah. Buku Tahunan Sekolah SMA sendiri biasanya dibuat secara kolektif. Dalam pembuatannya sendiri membutuhkan kerjasama antar individu dan jika dalam jumlah besar kalian harus bisa membagi menjadi kelompok – kelompok kecil. Karena banyaknya masalah dalam pembuatan buku tahunan sekolah TK, kami akan berbagi tips untuk kalian yang ingin membuat buku tahunan sekolah.

Tips Membuat Buku Tahunan Sekolah

Hal pertama yang kalian adalah menentukan waktu, dimana waktu ini adalah hal pertama yang sangat fatal karena akan ada sekolah lain yang menggunakan waktu yang sama ketika membuat buku tahunan sekolah. Saran kami adalah menggunakan waktu ketika akhirs semester 5 dimana semua masih sangat luang, sebelum ujian dan agenda tryout.

Yang Kedua adalah budget, karena perlu diketahui tidak semua siswa memiliki keuangan yang sama sehingga perlu adanya waktu untuk mengumpulkan keuangan sehingga tidak bisa mendadak satu hari atau dua hari, maka dari itu perlu adanya timeline untuk membuat buku album kenangan sekolah, setidaknya tiga bulan sebeleum proses pemotretan

Ketiga adalah menentukan budget pembuatan yang akan dilaksanakan, dimana perlu dibatasi karena semakin dibatasi ini memudahkan panitia dalammmebuat susunan kegiatan yang ada. selain itu ketika dibatasi nantinya akan mempermudah siswa lainnya untuk menabung atau mencari pembayaran buku tahunan sekolah.

Keempat adalah Menentukan vendor buku tahunan sekolah smp, ini merupakan vendor hal yang sangat riskan dari sini kita dapat memperolehnya dari kakak kelas, atau dari mananpun, dari internet. Kemudahan transaksi dan cyber dan perlindungan konsumen didunia IT ini juga  menjadi tambahan lebih. apabila ada tindak penipuan secara online dapat langsung dilaporkan hanya bermodalkan bukti transaksi perbankan, dari Pewarta Indonesia sendiri memiliki rekomendadi di situs Jokamz-Photowork.com untuk vendor pembuatan buku tahunan sekolah.

Apalagi yang harus disediakan dari 4 point diatas? Masih adalagi loh! Berikut ini hal teknik yang perlu kalian ketahui.

Hal teknis pertama adalah jenis barang cetak yang diberikan kepada konsumen, dimana ini perlu diketahui bahwasanya buku cetak ini merupakan output utama yang akan diberikan kepada siswa. Mulai dari kertansya mulai dari ukuranya, jenis sampulnya dan jenis finishingnya. Maka dari itu perlu ada kejelasan sebelum membuat buku album kenangan sekolah.

Hal teknis kedua adalah, tema dan properti, kami tahu bahwasanya tema dan properti adalah tanggung jawab client tapi rekomendasi kami di Jokamz-Photowork.com mampu membantu dalam pemilihan tema, sedangakan untuk properti membantu sebisa mungkin menyesuaikan tema yang ada.

Hal teknis ketiga adalah tempat, ini merupakan salah satu faktor dimana tempat sangat berpengaruh, yang paling resiko adalah izin tempat. Dimana dibeberapa tempat kita harus melakukan izin untuk bisa melakukan kegiatan photography atau sesi photo. Enak jika tempat itu tidak memerlukan izin bisa langsung melakukan sesi, selain izin, adalah mobilitas dimana perpindahan dari satu tempat ketempat lainya juga memerlukan waktu sehingga tempat satu dengan tempat yang lainya perlu dipikirkan untuk kepanitiaan.

Hal teknis keempat adalah waktu sesi pemotretan, perlu diketahui sesi pemotretan paling bagus sekitar jam tujuh pagi hingga jam sepuluh siang selain itu untuk sore hari sekitar jam tiga sore hingga jam 5 sore, dikarenakan kalau terlalu panas nantinya akan menimbulkan masalah pencahayaan yang berlebiha, selain itu ketika panas akan timbul gejala lebtih yang lebih cepat. Maka dari itu dijam – jam inilah harus diperhitungkan, ini akan jadi masalah apabila yang melakukan sesi pemotretan sangat banyak.

Hal teknis terakhir adalah biodata dimana banyak sekali yang terhambat dikarenakan biodata, biodata ini tidak bisa dianggap sepele makanya saran kami adalah menyususn biodata jauh – jauh hari untuk para client karena ini nantinya sangat riskan apabila dikerjakan mendekati hari H sesi pemotretan, biodata ini umumnya mencantumkan nama, tanggal lahir, tempat lahir, kelas, pesan dan kesan, sosial media kalau ada tambahan yah jangan banyak – banyak karena takutnya gak muat semuanya hehehehe.

Nah sekian dulu rekomendasi dari kami dalam pembuatan buku tahunan sekolah SD, ingin melihat rekomendasi lainya bisa buka situs Jokamz-Photowork.com sebelum membuat buku tahunan sekolah.

Jokamz-Photowork.com merupakan team kretaif dan percetakkan yang bekerja sama dengan percetakkan Gallerysiswa.com menyediakan jasa pembuatan buku tahunan sekolah atau buku kenangan sekolah yang berkualitas, Jokamz-photowork.com dan Gallerysiswa.com selain menyediakan Jasa Percetakan yearbook sekolah juga berbagi tentang tips dan trik seputar pembuatan buku tahunan sekolah.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA