by

Berikut ini Ilmu Feng Shui Rumah yang Bisa Diterapkan

KOPI, Jakarta – Feng Shui adalah ilmu dari Tiongkok yang sering digunakan sebagai pedoman dalam membangun rumah. Feng Shui memercayai bahwa aliran energi yang baik akan menghadirkan kebaikan. Walaupun tidak semua orang percaya pada Feng Shui, beberapa konsepnya cukup masuk akal, kok. Beberapa desainer profesional seperti Jasa Interior Jogja Rimbunliving terkadang menerapkan ilmu Feng Shui dalam proyek mereka. Yuk simak beberapa ilmu menurut Feng Shui Rumah!

Feng Shui Rumah
Menata Pintu Menurut Feng Shui Rumah

Pintu utama rumah adalah jalan masuk untuk energi positif atau Qi. Hindari meletakkan pintu utama yang berhadapan langsung dengan pintu belakang. Hal ini akan menyebabkan Qi yang masuk tidak mengisi rumah dan langsung keluar. Pintu utama juga tidak ideal apabila menghadap kamar mandi. Posisi ini akan merusak Qi yang masuk. Singkirkan pula barang-barang yang menghalangi pintu utama.

Jangan Letakkan Lukisan di Atas Tempat Tidur

Menurut Feng Shui, lukisan atau foto yang diletakkan di atas tempat tidur di bagian kepala akan menghasilkan Qi negatif yang tidak baik. Menggantung benda yang berat seperti lukisan atau foto di posisi ini memang sebaiknya dihindari. Jika benda ini terjatuh maka akan berpotensi untuk mencederaimu. Kamu dapat memasang foto atau lukisan di sisi lain ruangan.

Perhatikan Peletakan Dapur

Dapur adalah area untuk mengolah konsumsi sehari-hari. Ada baiknya area ini bersih, sehingga jangan diletakkan didekat kamar mandi. Jika ditinjau lebih dalam hal ini masuk akal karena menghindari kontaminasi antar dua ruangan ini.

Menurut ilmu ini sebaiknya dapur tidak berada di tengah rumah. Hal ini mungkin saja agar kegiatan memasak di dapur yang biasanya dilakukan oleh ibu-ibu menjadi lebih privasi.

feng shui rumah
Mengutamakan Open Space

Rumah yang lapang dan tidak banyak sekat akan membuat nyaman. Hindari juga menaruh perabot-perabot yang tidak perlu. Hal ini dimaksudkan agar rumah tidak menjadi sesak dan tidak nyaman.

Itulah beberapa ilmu feng shui yang dapat kita terapkan dalam rumah. Anda dapat mempertimbangkannya untuk diterapkan di hunian pribadi anda. Selamat merancang!

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA