by

Wapres KH. Ma’ruf Amin Kunjungi Lokasi Banjir di Karawang

KOPI, Karawang – Wakil Presiden Republik Indonesia, KH. Ma’ruf Amin mengunjungi lokasi banjir di Desa Karangligar, Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang, Sabtu (13/2/2021). Maksud kedatangan Wapres untuk menyerahkan bantuan kepada korban banjir dari Presiden, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, dan Kementerian Sosial.

Berdasarkan perolehan data, bantuan yang diberikan berupa paket sembako dari Presiden. Kemudian 600 paket makanan siap saji, 300 paket makanan anak, 300 lembar selimut, 300 lembar matras, 200 lembar kasur, 50 paket perlengkapan anak, dengan total senilai Rp 252.764.600.

Selain itu juga ada bantuan masker 300 ribu lembar, alat tes cepat antigen 10 ribu pcs, sarung 5.000 buah, matras 1.000 buah.

Dalam kunjungan tersebut, Wapres yang mewakili Presiden Joko Widodo menyampaikan prihatin atas bencana musibah banjir yang melanda Karawang dan Subang. Menurutnya, upaya penanganan perlu dan wajib dilakukan bersama.

“Kita juga telah berkomitmen secara global yang disepakati PBB untuk menangani pasca-bencana dengan cara lebih aman dan berkelanjutan,” ujar Wapres.

Sedangkan Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana menjelaskan penyebab banjir dikarenakan meluapnya 2 sungai yakni Sungai Citarum dan Cibeet. Penyebab lainnya, juga dikarenakan letak geografis salah satu dusun yang bernama Dusun Kampek yang berbentuk seperti cekungan.

Ditambah adanya penurunan tanah dan kontur tanah yang labil. Sehingga perlu dilakukan pembuatan embung di bagian hulu dari Sungai Cibeet dan normalisasi di bagian hilirnya termasuk Sungai Citarum.

Cellica juga menyampaikan terima kasih banyak atas perhatian dari Bapak Wapres dan khususnya Bapak Presiden. “Semoga bantuan ini dapat membantu meringankan warga kami yang terdampak banjir. Dan semoga, agar ada bantuan dari Pemerintah Pusat untuk antisipasi bencana ke depannya,” pungkas Bupati Cellica. (Dede N-KOPI)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA