by

Dansektor 19 Citarum Bersama GM PJT II Tinjau Kondisi Situ Kamojing

KOPI, Karawang – Komandan Sektor 19 Citarum Harum bersama General Manager (GM) Perum Jasa Tirta II (PJT II) Karawang, meninjau lokasi Situ Kamojing, Kamis (11/2/21) lalu. Hal tersebut dilakukan untuk mengecek Situ Kamojing, terutama pintu-pintu airnya.

Dalam kegiatan tersebut, Dansektor 19 Citarum Harum, Kolonel Chb Widodo; didampingi Danki Sektor 19, Serma Suprianto dan Bamin Sektor 19, Serma Roni Heryana; serta GM PJT II Karawang, Riski beserta jajarannya.

Situ Kamojing dibangun pada tahun 1912 dengan luas areal 62,752 Ha dibawah pengelolaan Perum Jasa Tirta II. Ketinggian normal kurang lebih 48,60; ketinggian maksimal 50,00; serta ketinggian minimal 44,50; yang berlokasi di Desa Kamojing, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, yang berbatasan langsung dengan Desa Cinangka, Kabupaten Purwakarta.

Kepada awak media Pewarta, Riski mengatakan bahwa Situ Kamojing merupakan salah satu Situ kebanggaan warga Karawang dan Purwakarta. “Sebuah danau buatan yang berfungsi sebagai sarana irigasi untuk pendistribusian air ke areal persawahan,” ujar Riski.

Dansektor 19 bersama GM PJT II Tinjau Situ Kamojing

Sementara itu, Widodo dalam peninjauan tersebut menjelaskan, Situ Kamojing memiliki dua pintu air yang terletak di sebelah kiri dan kanan yang berfungsi untuk mengatur debit air dan mendistribusikan air ke sawah-sawah petani.

“Ketinggian air di Situ ini sangat dipengaruhi kondisi alam. Di musim hujan air Situ bisa meluap bahkan sampai ke atas jalan, tetapi di musim kemarau air Situ ini surut sehingga kerap juga digunakan warga setempat sebagai lahan untuk bercocok tanam,” papar Widodo. (Dede N-KOPI)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA