by

Desain Rumah Kontainer Unik dan Menarik

KOPI, Kediri – Desain rumah kontainer sedang menjadi perbincangan banyak orang, terutama bagi mereka yang ingin membangun rumah di atas lahan sempit. Sekarang ini, desain rumah memang semakin luas dan kreatif, sehingga rumah idaman pun bisa terwujudkan dengan lebih mudah. Rumah yang terbuat dari container bekas ini bisa menjadi pengganti model rumah konvensional yang lebih mahal.

Bukan saja rumah, desain wadah ini juga diterapkan oleh beberapa perusahaan memulai dengan materi yang didukung wadah. Kemudian untuk desain ini membuktikan bahwa tinggal di rumah bisa menjadi lebih menyenangkan dan seru. Desain interior dan eksteriornya pun tak kalah menarik dengan desain rumah yang lain.

Desain kontainer pada rumah ini juga bisa memberikan hunian yang fungsional dan juga praktis. Meskipun namanya kontainer, Anda masih bisa menerapkan desain ini tanpa menggunakan kontainer asli sebagai material utamanya. Karena ada berbagai material bangunan yang bisa dibentuk menyerupai container, sehingga ciri khasnya tidak akan hilang.

Pilihan Desain Rumah Kontainer yang Menarik

Pilihan pertama bernama Price Street Project Container Home yang identik dengan sederhana dan relatif murah dengan penampilan ekspresif. Desain ini dibuat dengan konstruksi 2 buah Shipping Container dengan ukuran 12 meter. Ruangan dan fasilitasnya cukup lengkap untuk standar rumah kecil. Desain ini bisa dijadikan inspiratif bagi Anda yang ingin membangun rumah dengan desain kontainer unik dan ekspresif.

Pilihan kedua desain rumah kontainer adalah Containers of Hope. Rumah ini berukuran kurang lebih 92 meter persegi dengan 2 buah shipping container berukuran 12 meter. Rumah kecil ini dibangun dengan biaya sekitar 40 ribu US Dollar atau setara dengan 533 juta rupiah. Harga ini mungkin terasa cukup mahal di Indonesia, karena memang desainnya yang super keren.

Pilihan ketiga yang bisa Anda jadikan inspirasi adalah CROSSBOX Prefab House. Desain ini memiliki luas sekitar 104 meter persegi dan dilengkapi dengan taman kecil di area atap. Rumah modular ini memiliki 3 kamar tidur dengan desain modern. Sayangnya, tidak ada keterangan resmi dari perusahaan tersebut mengenai biaya yang dihabiskan dalam pembuatan rumah kontainer ini.

Terakhir, ada Wadah Cinta yang memiliki bentuk L bentuk dengan luas sekitar 90 meter persegi. Rumah atau garasi kontainer ini menggunakan wadah pengiriman yang tidak standar lebar, lebih besar untuk membuat ruangan yang lebih besar untuk dekorasi.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Rumah kontainer memang memiliki desain dan bentuk yang berbeda dengan rumah seperti biasa. Selain dibuat dengan kontainer, desain ini juga identik dengan atap tanpa genting dan berbentuk persegi. Meskipun bentuk desain rumah kontainer terlihat simpel, tapi untuk membuat rumah kontainer tidaklah mudah, terlebih jika kita tidak menggunakan kontainer, melainkan material lainnya.

Perencanaan yang matang sangat diperlukan dalam membuat rumah kontainer. Ukuran yang sempit membuat Anda harus mendesain setiap ruang dengan cermat, pastikan jika setiap ruang yang dibutuhkan tersedia, seperti kamar tidur, kamar mandi, dapur dan ruang santai yang biasa digabung dengan ruang tamu dan ruang makan. Anda harus bisa menempatkan setiap ruangan dengan pas.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA