by

Dukung Swasembada Gula Nasional, Kebun PTPN2 Kwala Bingei Kembali Berdayakan Lahan Tebu

KOPI, Langkat – Guna memenuhi swamsembada  produksi gula nasional, pihak perkebunan PTPN2 (Kebun Kwala Bingai), yang berada di Desa Banyumas, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Sumut, kembali melakukan pembersihan lahan guna dilakukanya tanaman ulang tebu.

Informasi dihimpun PEWARTA INDONESIA, pembersihan lahan tebu dimulai pada hari Kamis kemarin (10/9/2020). Pembersihan di areal HGU PTPN2 dengan sertifikat HGU nomor 3 dengan luas areal 1.530,71 hektare, dan berakhir di tahun 2028 mendatang.

Diketahui sebelumnya, di areal HGU Kebun Kwala Bingei tersebut telah digarap warga. Adapun areal yang digarap berada di DP 1 Rayon Kwala Bingei Pasar 12 dengan luas 210 hektare. Untuk tahap pertama dilakukan pembersihan seluas 130 hektare dan akan  dilanjutkan sampai bersih untuk penanaman tebu kembali.

Pelaksanaan pembersihan melibatkan karyawan, Serikat Pekerja Perkebunan (SPP) PTPN2 yang dibantu dengan pengamanan Polres Langkat dan TNI.

Pembersihan lahan menggunakan alat berat seperti traktor dan  alat berat lainnya, telah diturunkan PTPN2 dikebun Kwala Bingei untuk pembersihan lahan.

Irwan S.P, selaku menejer PTPN2 Kwala Madu Rayon Kwala Bingei, yang didampingi Dedi Syahputra selaku Humas Kebun Kwala Bingei mengatakan ke awak media ini kemarin, bahwa, tanaman tebu harus dilakukan secepatnya guna memenuhi dan mendukung produksi gula nasional sesuai amanah menejemen PTPN 2 selama ini.

“Selama ini masyarakat Sumatera Utara telah mengetahui bahwa PTPN2 telah dapat mengolah sugar (gula) dengan baik,” sebutnya Irwan.

Walaupun PTPN2 sebagai pemilik lahan sesuai dengan sertifikat HGU, PTPN2, namun untuk melakukan pembersihan lahan telah dilakukan pendekatan terlebih dahulu kemasyarakat, dan menyurati warga agar segera meninggalkan areal tersebut, karena lahan tersebut akan dilakukan tanaman ulang (TU) untuk tanaman tebu. 

“Pembersihan areal kebun Kwala Bingei Pasar 12 saat ini berjalan lancar yang dilakukan para karyawan, dengan pengamanan aparat Kepolisian serta aparat TNI yang diutuskan  untuk di BKO kan di PTPN2,” bebernya Irwan.

Hadir juga dilokasi areal perbersihan lahan, diantaranya, Ketua SPP PTPN2 Ir Mahdian Tri Wahyudi, GM Distrik Tebu/Tembakau Arota Telaumbanua. Selanjut Imam Subekti Kabag Sekper diwakili Yulizar Nur, serta Menejer Kebun Sei Semayang Ir Bram Sitompul. (Reza Fahlevi) 

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA